Home Nasional Atensi Wapres Ma'ruf terhadap Papua Dorong Akselarasi Pembangunan

Atensi Wapres Ma'ruf terhadap Papua Dorong Akselarasi Pembangunan

Jakarta, Gatra.com - Pengamat Birokrasi, Khairul Anam memberikan apresiasi terhadap berbagai kebijakan dan totalitas dukungan luar biasa dari Joko Widodo dan Kiyai Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden, yang mengakselerasi pembangunan serta mengurai permasalahan di wilayah Papua.

“Kehadiran Wapres yang intensif dengan tujuan bisa mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di wilayah Papua, dan ini menjadi tanda positif untuk kemajuan Papua kedepannya,” ujar Anam yang juga Ketua Milenial Muslim Bersatu (MMB) kepada media di Jakarta, Kamis (6/6).

Anam megatakan, dirinya melihat ada perhatian serius pemerintah pusat dalam melihat permasalahan di Papua agar terus cipta pembangunan yang berkeadilan.

Masih menurut Anam, beberapa langkah strategis arahan saat kunjungan kerja yang dilakukan Wapres Ma’ruf Amin kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Selatan untuk mengakselerasi pembangunan di wilayah tersebut sudah sangat tepat.

“Misalnya, Wapres meminta agar menonjolkan potensi dan keunikan wilayah Papua Selatan yang berada di perbatasan negara. Ini harus segera dilakukan dan ditindak lanjuti oleh pemerintah setempat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan terciptanya kesejahteraan serta sebagai wajah Indonesia dengan negara tetangga,” ucanya.

Anam juga turut mendukung arahan dari Wapres yang meminta Pemprov Papua Selatan untuk meningkatkan kolaborasi, sinergi, dan kerja sama antara kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, serta terus aktif memastikan tahapan persiapan pembangunan berjalan dengan baik.

“Semua pihak harus berkolaborasi untuk mewujudkan ‘Papua Bangkit, Mandiri, dan Sejahtera yang Berkeadilan’ yang tetap menghargai simbol kearifan lokal sebagaimana disampaikan oleh Wapres dalam kunjungannya ke Papua,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meresmikan pencanangan pembangunan Sentra Sarana dan Prasarana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Selatan, di Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Selasa (4/6).

Ma’ruf Amin menilai, pembangunan ini merupakan tanda komitmen dan kesungguhan pemerintah pusat untuk membangun Provinsi Papua Selatan.

“Kehadiran saya sekaligus untuk melihat langsung dan memastikan bahwa proses pembangunan dan kesejahteraan masyrakat Papua, khususnya di Papua Selatan berjalan dengan baik,” kata Ma'ruf.

96