Home Olahraga Thailand Tumbang! Final Sesama China Tercipta di Ganda Campuran Indonesia Open

Thailand Tumbang! Final Sesama China Tercipta di Ganda Campuran Indonesia Open

Jakarta, Gatra.com - Pasangan Ganda Campuran Cina, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, kembali melangkah ke final turnamen bulu tangkis Kapal Api Indonesia Open 2024. Di partai puncak, unggulan pertama itu akan bersua kompatriotnya, Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin.

Dalam laga yang digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu, (8/6), ganda campuran ranking satu dunia itu melaju ke laga puncak seusai mengalahkan wakil Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, dengan skor identik 21-19, 21-19.

Pada pertandingan ini, wakil Negeri Tirai Bambu itu belajar banyak dari pertemuan sebelumnya melawan Bass/Popor, sapaan akrab Dechapol/Sapsiree, pada perempat final Perancis Terbuka 2024.

Saat itu, berlaga di Arena Porte de la Chapelle, juara All England 2024 tersebut menyerah dari wakil Negeri Gajah Putih dengan rubber game 21-15, 16-21, 24-26.

“Kami banyak belajar banyak dari kekalahan melawan Dechapol/Sapsiree di French Open 2024. Kami mengubah strategi dan menjaga komunikasi sepanjang laga,” ujar Zheng usai laga.

Dengan hasil ini, Zheng/Huang kembali akan tampil di partai puncak turnamen Kapal Api Indonesia Open 2024. Tercatat peraih medali emas Asian Games 2022 itu berstatus sebagai juara bertahan setelah sebelumnya di Istora Senayan, Jakarta, menjadi juara dengan mengalahkan wakil Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino 21-14, 21-11.

Rencananya setelah tampil di Kapal Api Indonesia Open 2024, Zheng/Huang akan fokus untuk bisa bermain maksimal nantinya di Olimpiade Paris 2024.

Pada turnamen sebelumnya, juara Daihatsu Indonesia Masters 2024 itu hanya mampu meraih medali perak di Olimpiade Tokyo 2020 seusai menyerah di hadapan rekan satu negaranya, Wang Yilyu/Huang Dongping.

“Setelah tampil di turnamen Kapal Api Indonesia Open 2024 kami akan fokus untuk menghadapi Olimpiade Paris 2024. Kami harus menjaga fokus dan komunikasi dengan saling cover di lapangan saat bertanding,” ungkap Huang.

Pada partai final, Zheng/Huang akan ditantang rekan satu negara mereka yakni Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin. Pada pertandingan sebelumnya, ganda campuran ranking lima dunia itu mengalahkan wakil Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dengan skor 21-16, 21-18.

Pertemuan pasangan sesama China di partai puncak itu menjadi yang kedua setelah sebelumnya saling berhadapan di final Badminton Asia Championships 2023. Saat itu, bermain di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Al Nasr Club, Dubai, Zheng/Huang menyerah dari Jiang/Wei dengan skor 15-21, 16-21.

Kemenangan tersebut menjadi motivasi buat Jiang/Wei untuk bisa memberikan kejutan menghadapi seniornya di final turnamen BWF Super 1000.

“Kami mencoba bermain semaksimal mungkin untuk membuat kejutan meraih gelar juara di turnamen Kapal Api Indonesia Open 2024,” ungkap Jiang.

Rencananya, partai puncak Kapal Api Indonesia Open 2024 diselenggarakan Minggu (9/6/2024) di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta mulai pukul 12.00 siang WIB.

18