Home Teknologi Mendix-AWS Tunjuk SMI untuk Dukung Digitalisasi dan AI di Indonesia

Mendix-AWS Tunjuk SMI untuk Dukung Digitalisasi dan AI di Indonesia

Jakarta, Gatra.com – Mendix, bagian dari bisnis Siemens dan Amazon Web Services (AWS) menunjuk PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) sebagai distributor dan mitra Mendix di Indonesia.

VP Presales Solution Architect Mendix APAC, Tarig Elomari, dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu, (12/6), menyampaikan, kemitraan ini untuk mempermudah bisnis dari berbagai skala dan industri untuk membangun dan mengembangkan aplikasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang bersifat generatif.

Solusi bersama Mendix-AWS memanfaatkan kemampuan AI dan Machine Learning (ML) untuk mempercepat inovasi dan merampingkan pengembangan aplikasi dalam skala yang lebih besar.

Solusi Mendix-AWS menawarkan pendekatan yang paling efisien dan mudah untuk mengembangkan aplikasi kelas perusahaan yang dilengkapi AI dengan cepat dan dalam skala besar, memberdayakan perusahaan untuk mendorong Gen AI dan teknologi canggih lainnya di berbagai sektor bisnis.

Memanfaatkan Mendix di AWS merupakan metode yang hemat biaya untuk membuat, menerapkan dan mengoperasikan aplikasi yang meningkatkan produktivitas, menghasilkan pendapatan tambahan, dan memanfaatkan kemampuan bisnis baru.

“Bersama dengan AWS, Mendix telah mengembangkan lebih dari 20 konektor AWS-Mendix, termasuk konektor Autentikasi AWS universal,” ujarnya.

Ia menjelaskan, konektor-konektor ini memfasilitasi integrasi layanan AWS ke dalam aplikasi Mendix melalui fitur seret dan lepas yang sederhana, sehingga dapat menggabungkan beberapa layanan AI/ML seperti Amazon Bedrock, SageMaker, Rekognition, Textract, Translate, dan Polly.

“Konektor AWS-Mendix ini terus berkembang dan tersedia secara gratis di Mendix Marketplace,” kata Tarig Elomari.

Country Manager Mendix Indonesia, Yuhendri Khatib, menyampaikan, dengan mengintegrasikan Amazon Bedrock ke dalam platform low-code, pihaknya memanfaatkan teknologi AI generatif untuk memberdayakan pengguna di semua tingkat keahlian guna mengembangkan dan meningkatkan aplikasi yang memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang, sehingga memungkinkan mereka untuk tetap kompetitif, tangguh, dan berkelanjutan.

“Mengembangkan aplikasi yang lebih cerdas tanpa memerlukan keahlian pemrograman tingkat lanjut akan mendorong inovasi dan membantu perusahaan dalam mengatasi kekurangan tenaga kerja terampil,” ujar Yuhendri.

Platform Mendix telah menunjukkan keamanan dan skalabilitasnya, menjadi cloud-native di AWS sejak tahun 2016, dan menawarkan berbagai opsi penerapan untuk aplikasi Mendix di AWS. Salah satunya adalah dengan Mendix Cloud yang dirancang dengan cloud publik dengan ketersediaan tinggi serta berbiaya rendah dan aat ini tersedia di 16 wilayah AWS dan terus bertambah.

Platform Mendix juga tersedia untuk dibeli melalui AWS Marketplace, sehingga memberikan kenyamanan tambahan bagi para pelanggan AWS.

Mendix memiliki potensi untuk mentransformasi berbagai industri vertikal, seperti Layanan Keuangan (FSI), Manufaktur, Ritel, dan masih banyak lagi. Kemampuan low-code-nya yang canggih, ditambah dengan kolaborasinya dengan AWS, memungkinkan Mendix untuk memfasilitasi pengembangan aplikasi yang efisien dalam lingkungan cloud yang aman.

Platform terobosan ini memberdayakan organisasi untuk berinovasi dan secara efektif mengatasi kompleksitas transformasi digital dengan peningkatan efisiensi dan kecepatan, sehingga membuka jalan bagi masa depan digital.

Country Manager AWS Indonesia, Anthony Amni, menyampaikan, dengan memanfaatkan kemampuan cloud AWS yang luas, perusahaan dapat secara efisien memigrasikan beban kerja on-premise-nya ke cloud, memanfaatkan skalabilitas, fleksibilitas, dan efektivitas biaya yang ditawarkan cloud.

“Proses ini semakin diperkuat dengan kekuatan Mendix dalam memodernisasi aplikasi yang memastikan bahwa aplikasi dioptimalkan untuk lingkungan cloud, dan dilengkapi dengan fitur dan fungsi terbaru,” ujarnya.

Adapun Synnex Metrodata Indonesia (SMI), merupakan anak perusahaan Metrodata Group dengan jaringan yang tersebar di 29 wilayah strategis di Indonesia yang mencakup 330+ kota, dan 6000+ mitra kembali ditunjuk oleh Mendix-AWS sebagai distributor yang akan memperkenalkan Mendix low-code platform ini kepada ekosistem partner yang ada di SMI.

“Kolaborasi strategis yang berkelanjutan antara SMI dan Mendix ini akan semakin memperluas partner-partner yang baru dengan target pasar yang lebih luas,” kata Lie Heng, Director Technology Solution PT Synnex Metrodata Indonesia.

Menurut dia, ini juga akan memberikan keuntungan bagi SMI untuk memperluas jaringan partner yang telah ada. Solusi Mendix-AWS ini memberdayakan organisasi di Indonesia untuk merangkul digitalisasi, meningkatkan kolaborasi, dan mencapai pertumbuhan berkelanjutan.

“Kami yakin bahwa solusi ini akan mempercepat transformasi digital di Indonesia,” ujarnya.

552