Home Olahraga Atlet Cilik PB Djarum Dominasi Graha Padma Walikota Cup 2024, Raih 5 Juara

Atlet Cilik PB Djarum Dominasi Graha Padma Walikota Cup 2024, Raih 5 Juara

Semarang, Gatra.com - Para atlet cilik bulutangkis PB Djarum, Kudus sukses mendominasi gelar juara pada ajang Badminton Turnamen Graha Padma Walikota Cup 2024.

PB Djarum sebenarnya menempatkan 11 wakilnya pada babak final Graha Padma Walikota Cup 2024 yang berlangsung di GOR Graha Padma, Semarang, Sabtu (15/6).

Babak final Graha Padma Walikota Cup 2024 dengan hadiah total mencapai Rp167 juta mempertandingkan 11 kategori dari kelompok usia pembinaan, yaitu U11 (usia dini), U13 (anak-anak), dan U15 (pemula).

Namun, para atlet PB Djarum hanya mampu meraih lima gelar juara. Sedangkan enam gelar juara lainnya diraih Exist Badminton Club tiga gelar juara, diikuti PB Champion, Klaten dengan dua gelar juara, dan Jaya Raya Satria meraih satu gelar.

Lima gelar yang diraih PB Djarum yakni, Tunggal Anak Putri, Jordana Alexa Mongkareng, Ganda Anak Putri, Jordana Alexa Mongkareng/Orizae Ganesha Jofi, dan Tunggal Pemula Putra, Farel Fadhilah Ukasyah.

Selain itu, nomor Ganda Pemula adalah Putri Aqelatul Amaliyah Rahma/Nur Hafidzah Afifah, dan Ganda Pemula Campuran Oka Faiq Januar/Nur Hafidzah Afifah.

Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia Jawa Tengah (PBSI Jateng) Basri Yusuf menyatakan, kejuaraan Graha Padma Walikota Cup 2024 diikuti 826 atlet dari 171 klub bulutangkis di Indonesia.

Kejuaraan Graha Padma Walikota Cup 2024 ini merupakan kejuaraan swasta nasional yang masuk ke dalam kalender PBSI dan mendapatkan peringkat poin nasional.

Basri berharap, dari kejuaraan Graha Padma Walikota Cup 2024 ini nantinya akan lahir bibit juara-juara dunia yang bisa mengharumkan nama Indonesia melalui bulutangkis di masa depan.

"Jadi kejuaraan ini sangat penting, karena diharapkan akan muncul bibit juara untuk pembinaan selanjutnya dalam rangka tetap terjadinya proses kaderisasi atlet,” ujarnya.

Lebih lanjut Basri menyatakan, Graha Padma Walikota Cup 2024 merupakan sarana evaluasi dalam proses pembinaan atlet-atlet bulutangkis, khususnya di Jawa Tengah (Jateng).

Dari 11 kategori yang dipertandingkan di final, persaingan sengit terjadi di hampir semua kategori. Banyak pertandingan berlangsung ketat sampai rubber game. Ini artinya pembinaan pemain oleh klub-klub, sudah makin merata.

“Bagi dunia bulutangkis di Tanah Air, Graha Padma Walikota Cup 2024 sangat penting karena untuk menjaga agar mata rantai supremasi prestasi dunia bulutangkis Indonesia tidak boleh terputus,” katanya.

Sementara, General Manager Graha Padma Semarang, Hisyam Rosyadi, memberikan selamat kepada para pemenang Graha Padma Walikota Cup 2024 serta barharap para atlet tidak berpuas diri dan terus meningkatkan kemampuan di masa mendatang.

"Kami mengucap syukur dan terima kasih kepada PBSI Pengprov Jateng, dan Bakti Olahraga Djarum Foundation serta semua klub, serta sponsor yang turut menyukseskan Graha Padma Walikota Cup 2024. Sebuah kebanggaan kami dipercaya sebagai sponsor untuk kejuaraan nasional bulutangkis. Graha Padma selalu support untuk pembinaan bulutangkis Indonesia,” ujarnya.

Sementara, salah satu partai final Graha Padma Walikota Cup 2024 yang menarik perhatian adalah nomor Tunggal Pemula Putra. Pemain asal PB Djarum, Farel Fadhilah Ukasyah berhasil mengalahkan Kevin Maulana Pattirane dari Mutiara Cardinal Bandung.

Farel yang tampil percaya diri mampu menang dua set langsung dengan skor 21-11, 21-16. Ini menjadi gelar perdana Farel sejak bergabung dengan PB Djarum pada 2022. 

31