Home Regional Iduladha 1445 H, Masjid Agung Purworejo akan Bagikan Ratusan Kupon Daging Kurban

Iduladha 1445 H, Masjid Agung Purworejo akan Bagikan Ratusan Kupon Daging Kurban

Purworejo, Gatra.com – Masjid Agung Darul Muttaqin, Purworejo, Jawa Tengah, akan menggelar Salat Iduladha 1445 Hijriah pada Senin pagi, (17/06/2024), mulai pukul 06.30 WIB. Bertindak sebagai imam salat Id adalah KH Najib Safrudin dan Khatib Muhammad Rikza Muqtada, S.H., pengasuh Pondok Pesantren Ma'hadi Ulumis Syari'ah Plaosan.

Lokasi Salat Id di Masjid Agung Darul Muttaqin. Namun jika membludak, jamaah bisa ikut salat di jalan raya depan masjid. Untuk parkir kendaraan roda 2 dan 4, disediakan tempat di sekitar Alun-alun Purworejo dan lokasi sekitarnya.

"Kami sudah mengajukan penutupan jalan habis subuh hingga selesai. Diperkirakan jemaah yang ikut Salat Iduladha mencapai 3.000 orang," kata Imam Masjid Agung Purworejo, KH Najib Safrudin, Minggu, (16/6/2024).

Ia mengimbau para jemaah membawa peralatan salat sendiri (sajadah) meskipun panitia menyediakan karpet. Ini untuk mengantisipasi jika ketersediaan karpet kurang mencukupi, sehingga jemaah bisa menggunakan alas atau sajadah, koran maupun tikar.

Tahun ini, Masjig Agung Purworejo yang terkenal dengan bedug terbesar di Indonesia itu menerima hewan kurban terdiri 9 ekor sapi dan 7 ekor kambing. Jumlah itu masih bisa bertambah karena biasanya saat malam akan ada yang datang lagi.

"Pemotongan hewan kurban kami lakukan setelah salat Id sekitar pukul 08.30 WIB. Pembagian daging setelah disembelih untuk kaum duafa akan kami lakukan setelah salat Ashar. Kami akan memberi kupon," ujar KH Najib.

Ia menjelaskan, hewan kurban yang telah dipotong terlebih dahulu akan dibagikan di sekitar lingkungan masjid. Setelah itu baru dibagikan kepada para duafa.

"Tahun lalu, dengan jumlah 7 ekor sapi kami bisa membagikan 500 kupon @2 Kg daging untuk duafa. Tahun ini kami yakin lebih banyak kupon karena sapinya ada 9 ekor," tutur KH Najib.

Untuk pemotong hewan kurban, merupaka orang Purworejo yang telah terlatih menyembelih hewan. Sedangkan untuk petugas kelet kulit (yang menguliti hewan kurban) didatangkan khusus dari Magelang.

Bagi pemilik hewan kurban yang menitipkan di.Masjid Agung Purworejo, dikenakan biaya pemotongan. Untuk sapi, biaya pemotongan Rp200.000 per ekor. Sedangkan untuk kambing Rp50.000 per ekor.

93