Home Kalimantan Kurangi Penggunaan Plastik, Daging Kurban Sabilal Muhtadin Dibungkus Bakul Purun

Kurangi Penggunaan Plastik, Daging Kurban Sabilal Muhtadin Dibungkus Bakul Purun

Banjarmasin, Gatra.com – Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, untuk Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah, Panitia Kurban Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Kalimantan Selatan, melaksanakan pemotongan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Banjarmasin. Biasanya, pemotongan hewan kurban mengambil tempat di samping masjid terbesar di Kalimantan Selatan itu.

Ketua Umum Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, KH. Darul Quthni, menjelaskan, pemotongan hewan kurban di RPH karena lebih praktis, cepat, dan profesional penanganannya.

"Jumlah hewan kurban yang kami terima di Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah ini sebanyak 29 ekor sapi dan dua ekor kambing. Lima di antaranya dari Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor. Tahun ini sapi dari bapak Presiden Jokowi tidak ada untuk dipotong di Sabilal Muhtadin, tapi di Masjid Al Qoramah Martapura," ujarnya kepada Gatra.com, Selasa, (18/6).

Prosesi pemotongan hewan kurban, lanjut Darul Quthni, dilaksanakan pada hari Selasa atau lebaran hari kedua. "Karena waktunya lebih panjang, sehingga panitia tidak tergesa-gesa dalam proses pembagian daging kurban," katanya.

Untuk daging kurban, beber Darul Quthni, dibagikan kepada masyarakat yang tinggal di Kota Banjarmasin dan diutamakan yang bermukim di sekitar Masjid Raya Sabilal Muhtadin.

"Ada 3.500 kupon daging kurban yang kami bagikan. Yang punya kupon mendapatkan masing-masing tiga ons daging murni. Sedangkan yang berkurban mendapatkan masing-masing-masing 2,5 kg daging plus 10 kupon yang dibagikan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar kediaman mereka," ujarnya.

Untuk mendukung program pemerintah dalam pengurangan penggunakan kantong plastik, panitia ibadah kurban Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin dalam proses pembungkusan sebagian menggunakan bakul terbuat dari anyaman purun.

"Memang tidak semuanya menggunakan bakul purun, karena keterbatasan yang membuat bakul. Insyaallah di tahun-tahun mendatang kita upayakan daging kurban tidak lagi menggunakan kantong plastik," ujarnya.

78