Home Nasional Sapi Kurban dari Jokowi Disembelih di Masjid Agung Surakarta

Sapi Kurban dari Jokowi Disembelih di Masjid Agung Surakarta

Solo, Gatra.com – Panitia Masjid Agung Keraton Surakarta menyembelih sapi kurban dari Presiden Joko Widodo. Sapi seberat 1,080 ton ini disembelih dan akan dibagikan pada masyarakat di sekitar Masjid Agung Surakarta.

Ketua Takmir Masjid Agung Surakarta Muhtarom membenarkan jika Presiden Jokowi mengamanahkan sapi kurban untuk disembelih di Masjid Agung Surakarta. Selain Jokowi, yang berkurban di masjid yang menjadi bagian dari Keraton Surakarta ini yakni putri Presiden Soeharto, Titiek Soeharto.

”Kau sapi dari presiden seberat 1,080 ton. Kedua dari Bu Titiek Soeharto seberat 800-an kilogram,” katanya di Solo, Senin (17/6).

Muhtrom menjelaskan bahwa tiap tahun Presiden Jokowi selalu menyumbangkan sapi kurban di Masjid Agung Surakarta. Rutinitas ini dilakukan sejak Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

”Dari dulu sampai sekarang tidak pernah absen, berat sapinya pun selalu lebih dari 1.000 kg, bahkan dulu sempat 1.300 kg,” ujarnya.

Tahun ini tercatat ada enam ekor sapi dan 16 kambing yang disembelih di Masjid Agung Surakarta. Namun jumlah ini mengalami penurunan dibanding tahun lalu. Sebab di tahun lalu, jumlah sapi yang diserahkan untuk disembelih sebagai hewan kurban ada delapan. Sementara jumlah kambingnya sama.

Meski terjadi penurunan, Muhtarom menekankan bahwa tidak mengurangi kualitas dari perayaan Iduladha itu sendiri. ”Hakikatnya Iduladha adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah. Kemampuan kita kan enggak sama, ekonomi orang itu fluktuatif, namun ini tidak mengurangi kualitas,” ujarnya.

Untuk pembagian daging kurban akan dilakukan di Kelurahan Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon. Untuk pembagian daging kurban ini panitia kurban Masjid Agung Surakarta akan bekerja sama dengan panitia kurban dari Kelurahan Kauman.

”Jadi kan masing-masing punya wilayah binaan, pertama Kauman dulu, setelah itu baru jemaah wilayah lain. Kami sudah rapat koordinasi dengan seluruh panitia,” ujarnya.

56