Home Regional Seusai Salat Iduladha, Jokowi Serahkan Sapi Seberat 1,25 Ton ke Masjid Baiturrahman Semarang

Seusai Salat Iduladha, Jokowi Serahkan Sapi Seberat 1,25 Ton ke Masjid Baiturrahman Semarang

Semarang, Gatra.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan hewan kurban sapi jenis simental kepada panitia Iduladha 1445 Hijriyah/2024 Masjid Raya Baiturrahman Semarang.

Penyerahan hewan kurban sapi simental dengan bobot sekitar 1.25 ton dilakukan Presiden Jokowi seusai melaksanakan shalat Iduladha di Lapangan Pancasila, Simpang Semarang yang berada persis depan Masjid Raya Baiturrahman, Senin (17/6).

Ketua Yayasan Masjid Baiturahman, KH. Ahmad Darodji secara simbolis menerima hewan kurban sapi dari Presiden Jokowi.

“Kami menapat amanah dari Presiden, untuk menyembeli dan membagikan hewan kurban sapi beliaun. Ini pengalaman pertama menyembelih sapi yang besar,”kata Ahmad Darodji.

Menurut Ahmad Darodji penyembelihan hewan kurban dari Presiden Jokowi akan dilakukan di Islamic Center Semarang, pada hari Selasa (18/6).

“Penyembelihan akan dikakukan bersama hewan kurban lainnya yang dititipkan Masjid Raya Baiturraham,” ujarnya.

Sebelum menyerahkan hewan kurban, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana melaksanakan salat Iduladha 1445 Hijriyah/2024 di Lapangan Pancasila Simpang Lima.

Salat Iduladha yang juga diikuti ribuan umat muslim di Kota Semarang dan sekitarnya tersebut dengan imam salat KH Zainuri Ahmad serta sebagai khatib Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asyari.

Sebelumnya sempat diberitakan Presiden Jokowi dan Ibu Irian akan melaksanakan salat Iduladha 2024 di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Jalan Gajah Raya, Kota Semarang.

Presiden Jokowi mengenakan sarung batik dan kemeja putih yang diselimuti jaz hitam datang pukul 06.05 WIB bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, dan Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana.

Setiba di lokasi, Presiden disabut Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen Deddy Suryadi, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, dan Kepala LKPP Hendrar Prihadi.

Presiden Jokowi kemudian duduk barisan depan yang disediakan didampingi Basuki terlihat mengenakan pakaian serba putih.

Begitu salat selesai, para jemaah langsung berusaha maju kebarisan depan untuk minta foto bersama Presiden Jokowi.

Warga terlihat sangat antusias foto bareng Presiden Jokowi yang dijaga ketat anggota Paspampres melayani foto-foto dengan warga.

 

20