Home Olahraga Atlet Karate Asal Pati Boyong Medali Emas Kejuaraan Asia Tenggara

Atlet Karate Asal Pati Boyong Medali Emas Kejuaraan Asia Tenggara

Pati, Gatra.com - Christhoper Edberd Setiabudi, karateka asal Kabupaten Pati, Jawa Tengah, memboyong medali emas dalam 11th South East Asian Karate Federation (SEAKF) Championships 2024 di Thailand.

Atlet asal kabupaten berjuluk Bumi Mina Tani ini berhak untuk mengantongi tiket ke kejuaraan karate Asia, Asian Karate Federation (AKF) Championships 2024 di Manila, Filipina, Agustus mendatang.

Medali emas dari SEAKF diraih remaja yang akrab disapa Christho itu, dari nomor U21 Male Kata. Ia sukaes mengungguli atlet pesaing beratnya asal Vietnam dan Filipina, serta tuan rumah Thailand.

Ketua Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (Forki) Pati Aris Heru Prasetyo menyebut, prestasi pada ajang resmi tersebut merupakan Raihan gemilang Christho.

Ia tidak hanya mengharumkan nama Bangsa Indonesia di level internasional, tetapi sekaligus mengangkat daerah asalnya, Pati.

"Potensinya besar dan dia konsisten untuk bekerja keras sehingga hasilnya membanggakan," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Gatra.com, Selasa (18/6).

Aris mengungkapkan, pencapaian Christho saat ini bukan dicapai tiba-tiba. Siswa SMA itu, berlatih keras dan disiplin sejak usia dini. Konsistensi tersebut terjaga sampai remaja sehingga banyak berbuah prestasi nasional maupun internasional.

Lebih lanjut Aris menjelaskan, saat ini Christho juga banyak mencatatkan sejarah. Sejauh ini ia tercatat sebagai karateka asal Pati yang pertama tampil dalam kejuaraan karate tingkat Asia (AKF).

Termasuk saat turun dalam kejuaraan level Asia Tenggara SEAKF, dia juga menjadi karateka asal Bumi Mina Tani yang pertama kali meraih emas.

"Ini sejarah pertama kali atlet Pati tampil di kejuaraan resmi karate internasional (bukan open tournament) mewakili timnas Indonesia, dan berhasil merebut emas," tandasnya.

Prestasi remaja asal Desa Sekarjalak, Kecamatan Margoyoso, Pati di ajang internasional bisa jadi berlanjut. Bahkan, jika dia mendulang emas dalam AKF Championships 2024, maka peluang tampil di kejuaraan karate tingkat dunia, Word Karate Federation (WKF) Championships 2024 di Venesia, Italia terbuka lebar.

28