Home Nasional Hadiri Hari Bhayangkara, Jokowi Ingatkan Polri Bangun Etika Pelayanan Pada Rakyat

Hadiri Hari Bhayangkara, Jokowi Ingatkan Polri Bangun Etika Pelayanan Pada Rakyat

Jakarta, Gatra.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didapuk menjadi Inspektur Upacara Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 di Silang Monas, Jakarta, pada Senin, (1/7). Dalam amanatnya, Jokowi menyampaikan sejumlah pesan.

Jokowi mengaku senang atas hasil survei terbaru terkait citra Polri yang menempati peringkat kedua. Menurutnya, hal ini harus dipertahankan dan juga ditingkatkan

“Saya senang beberapa hasil survei terbaru menunjukkan citra Polri yang semakin baik. Bahkan menempati peringkat tertinggi kedua. Ini patut kita syukuri serta harus dipertahankan dan ditingkatkan,” kata Jokowi.

“Dengan apa? Dengan komunikasi publik yang baik dengan menjadi contoh dengan menjadi teladan dengan membangun etika pelayanan yang berorientasi pada rakyat,” sambungannya.

Jokowi juga menyampaikan, Polri harus semakin lincah guna menghadapi tantangan di masa depan. Selain itu, Polri juga perlu meningkatkan kemampuan teknis untuk menghadapi pelaku kriminal.

“Semakin adaptif, memiliki cara pandang strategis, harus menjadi cooling system, perekat kebhinekaan, harus profesional, tidak tebang pilih dalam penegakan hukum serta harus memiliki kemampuan teknis dari pelaku-pelaku kejahatan,” ucap Jokowi.

Presiden juga pesan terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Ia berharap Polri dapat menjaga pesta demokrasi ini berjalan lancar.

“Saya minta Polri turut mendukung dan menyukseskan pesta demokrasi ini. Jaga netralitas, jaga stabilitas, dan jaga demokrasi kita agar Pilkada dapat berlangsung aman, jujur, dan adil,” kata Jokowi.

9