Home Pendidikan Perbanas Institute Kukuhkan Guru Besar: Langkah Strategis untuk Meningkatkan Reputasi Akademik

Perbanas Institute Kukuhkan Guru Besar: Langkah Strategis untuk Meningkatkan Reputasi Akademik

Jakarta, Gatra.com – Perbanas Institute mengukuhkan para guru besar baru di Sekolah Pascasarjana dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada hari Rabu, 3 Juli 2024 bertempat di kampus Perbanas Jakarta yang dihadiri seratusan undangan. Perbanas berhasil mencetak dan mengukuhkan tiga guru besar baru, antara lain; Prof. Dr. Umbas Krisnanto sebagai guru besar sekolah Pascasarjana, Prof. Dr. Wiwiek Prihandini sebagai guru besar sekolah Pascasarjana, terakhir, Prof. Dr. Tiolina Evi Nausta Pardede sebagai guru besar tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Harapan kedepan, tiga guru besar ini mampu menciptakan sinergi baru untuk mendorong inovasi dan keunggulan akademik sebagai langkah nyata menuju pendidikan unggul.

Pengukuhan guru besar oleh Perbanas ini dilakukan untuk mencapai beberapa tujuan strategis yang signifikan seperti meningkatkan kualitas akademik dimana guru besar memiliki peran penting dalam mengarahkan dan membimbing kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, meningkatkan reputasi institusi, mendorong inovasi dan penelitian, serta mendukung visi dan misi institusi yang mana pengukuhan ini sejalan dengan visi dan misi Perbanas Institute untuk menjadi pusat pendidikan dan penelitian yang unggul dan berdaya saing global.

Dengan mengukuhkan tiga Guru Besar di Sekolah Pascasarjana dan Fakultas Ekonomi & Bisnis, Perbanas Institute menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian, serta memperkuat posisi sebagai institusi pendidikan tinggi terkemuka di Indonesia.

Dewan Pengawas Yayasan Pendidikan Perbanas Institute, Dani Hartono menyatakan, “Perbanas Institute memiliki kemampuan, kompetensi, dan komitmen untuk terus meningkatkan jumlah guru besar karena memiliki guru besar menjadi capaian terpenting bagi Perbanas. Dimana hal ini berdampak bagi penilaian dan proses panjang Perbanas maka harapannya mampu memberikan peningkatan baik sisi keilmuan dan jumlah mahasiswa kedepan.”

Hal tersebut selaras dengan komitmen LLDIKTI yang terus mendorong penambahan guru besar dengan cara memberikan fasilitas percepatan proses karier guru besar pada Perguruan Tinggi Swasta dengan harapan mampu terus melahirkan guru besar yang mumpuni.

“Pengukuhan guru besar adalah bukti nyata dedikasi, pengetahun dan kontribusi ilmiah. Peran guru besar sangat strategis bagi pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi di dalam suatu negara. Sehingga LLDIKTI mendorong percepatan proses administrasi untuk menjadi guru besar, terutama pada kampus swasta," tutur Prita Ekasari, Ketua Tim Sumberdaya Pendidik.

Dalam acara pengukuhan tiga guru besar Perbanas Institute, masing-masing guru besar menyampaikan orasi ilmiahnya. Prof Umbas menyampaikan tentang Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Kepercayaan Merk. Kemudian Prof Wiwiek menyampaikan tentang Pengungkapan Risiko Environmental, Social, Governance (ESG) dalam Laporan Keberlanjutan Bank di Indonesia. Terakhir, Prof Tiolina menyampaikan orasi Transformasi Transaksi Tunai ke Digital di Indonesia.

Diharapkan para Guru Besar yang telah dikukuhkan ini dapat berkontribusi dalam penyusunan kebijakan publik yang berbasis penelitian ilmiah, terutama dalam bidang ekonomi, bisnis, dan perbankan. Sehingga dapat memberikan masukan yang berharga bagi pemerintah dan pembuat kebijakan. 

71