Home Ekonomi Capaian Naik Double Digit, Layanan Pembiayaan Kendaraan Ekspansi ke Tingkat Kabupaten

Capaian Naik Double Digit, Layanan Pembiayaan Kendaraan Ekspansi ke Tingkat Kabupaten

Yogyakarta, Gatra.com - Pertumbuhan pembiayaan kendaraan oleh layanan pembiayaan di sejumlah daerah tingkat kabupaten meningkat pesat, bahkan naik hingga double digit. Hal ini membuat sejumlah perusahaan layanan pembiayaan kendaraan makin pede melakukan ekspansi usaha ke daerah-daerah tingkat kabupaten.

Langkah ini seperti ditempuh PT Mandiri Utama Finance (MUF), anak perusahaan Bank Mandiri yang bergerak di bidang pembiayaan kendaraan. Melihat okenya performa pembiayaan kendaraan di daerah tingkat kabupaten, pada Rabu (3/7), MUF meresmikan kantor cabang baru di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

“Klaten merupakan daerah potensial dengan pertumbuhan permintaan layanan pembiayaan kendaraan yang terjaga. Sepanjang 2023, MUF mencatatkan penyaluran pembiayaan di Klaten Rp92,8 miliar, meningkat double digit atau 13 persen dibanding tahun sebelumnya,” kata Direktur Finance and Risk Management MUF Rully Setiawan, dalam keterangan tertulis, Jumat (5/7).

Menurutnya, pembukaan kantor cabang MUF di Klaten ini merupakan komitmen perusahaan dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan dalam memberikan kemudahan kepada para pelanggan di seluruh wilayah Indonesia. “Dengan dibukanya kantor cabang baru ini, kami optimis ke depan MUF dapat terus tumbuh untuk menjadi perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia,” ujar Rully.

Saat ini MUF sudah mengantongi izin 91 kantor cabang dan 75 kantor selain kantor cabang 75, sehingga total izin jaringan kantor perusahaan di seluruh Indonesia berjumlah 166 titik. Sebelumnya tercatat bahwa sepanjang tahun 2023, MUF membukukan penyaluran pembiayaan sebesar Rp20,7 triliun, meningkat 15,7 persen yoy dan total piutang pembiayaan sebesar Rp31,5 triliun, meningkat 25,6 persen yoy. Dari sisi profit, MUF berhasil mencetak laba bersih pada tahun 2023 sebesar Rp527 miliar, meningkat 58,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Thomas Hanawan, Regional Division Head Jawa Tengah saat peresmian mengatakan bahwa sebelumnya jaringan kantor MUF di Klaten merupakan Kantor Selain Kantor Cabang (KSKC) atau dikenal dengan MUFNet. “Dengan dinaikkannya status MUF Klaten sebagai Kantor Cabang (KC), maka MUF dapat melayani pelanggan di Kabupaten Klaten dengan lebih optimal, cepat, dan tepat,” ucap Thomas.

 

 

25