Home Regional Survei Pilgub Sulut 2024, Jan Maringka Ungguli Elly Engelbert Lasut dan Steven Kandouw

Survei Pilgub Sulut 2024, Jan Maringka Ungguli Elly Engelbert Lasut dan Steven Kandouw

Jakarta, Gatra.com - Tokoh Sulawesi Utara (Sulut), Jan Samuel Maringka, memimpin dalam survei preferensi masyarakat Sulut untuk Pemilihan Gubernur 2024, berdasarkan laporan hasil survai dari Timur Barat Research Center (TBRC).

Direktur Eksekutive TBRC, Johanes Romeo mengungkapkan bahwa data yang dikumpulkan antara 25 Juni hingga 4 Juli 2024 tersebut menampilkan beberapa simulasi, termasuk tingkat elektabilitas calon gubernur Sulut.

"Berdasarkan temuan hasil survei Pilgub Sulut dari Timur Barat Research Center (TBRC) diperoleh hasil sebagai berikut, Elly Engelbert Lasut 25,3 %, Jan Maringka 24,2 %, Steven Kandouw 6,7%, Christiany Eugenia Paruntu 5,3%, Tatong Bara 4,8%, Rita Maya Dondokambey Tamuntuan 3,1%, Yulius Selvanus Komaling 2,8%, James Sumendap 2,1%, Vicky Lumentut 1,1%, Ronny Franky Sompie 1,1%, Carlo Brix Tewu 1,1%, Lainnya 1 %, dan belum Memutuskan 18,4%," terang Johanes Romeo di Manado, Sabtu (6/7).

Menurut Romeo, hasil survei ini menjadi menarik menjelang Pilgub Sulut. "Provinsi di beranda paling utara Indonesia, sekaligus pintu gerbang Asia Pasifik ini," ucapnya

Jan Maringka dikenal sebagai sosok dengan integritas tinggi dalam profesinya, yang membuat masyarakat Sulut mengapresiasinya dengan tingkat keterpilihan sebagai calon gubernur mencapai 26,3% dalam pertanyaan tertutup, mengungguli Bupati Kepulauan Talaud, Dr. Elly Engelbert Lasut, M.E, yang berada di angka 24,7%.

Petahana Wagub Sulut, Steven Kandouw, memiliki tingkat keterpilihan 13,4%, disusul oleh Mayjen (Purn) Yulius Komaling dengan 8,1%, Rita Tamuntuan (istri Gubernur Sulut Olly Dondokambey) 7,3%, mantan Wali Kota Kotamobagu, Ir. Hj. Tatong Bara, 4,2%, Ketua DPD I Partai Golkar Sulut, Christiany Eugenia Paruntu, 4,1%, dan yang tidak memilih sebanyak 11,9%.

Romeo menyatakan bahwa dalam simulasi pertanyaan tertutup untuk 10 nama calon gubernur, hasilnya adalah: 1. Jan Maringka 27,3%, 2. Elly Engelbert Lasut 26,4%, 3. Steven Kandouw 9,5%, 4. Rita Maya Dondokambey Tamuntuan 6,8%, 5. Christiany Eugenia Paruntu 5,8%, 6. Tatong Bara 4,5%, 7. Yulius Selvanus Komaling 4,2%, 8. Vicky Lumentut 1,6%, 9. Ronny Franky Sompie 0,4%, 10. Carlo Brix Tewu 0,3%, dan tidak memilih 13,2%.

"Maka kesimpulan nya, berdasarkan berbagai simulasi yang ada berpatokan kepada hasil survei TBRC yang melibatkan 1800 warga Sulawesi Utara yang sudah memiliki hak pilih saat Pilgub berlangsung nanti, dan tersebar secara proposional di 11 kabupaten dan 4 kota di Provinsi Sulawesi Utara, dan hasil survei ini memiliki margin of error +/- 2,31 persen dengan tingkat kepercayaan 95 %," ucapnya.

Romeo menambahkan bahwa pemilih di Sulut cenderung memilih figur tanpa masalah sosial dan hukum, serta memiliki budaya politik yang sangat demokratis.

"Orang di Sulawesi Utara dari segi literasi/pendidikan atau pengetahuan di atas rata-rata Dimana, pemilih di sulawesi utara tahu bagaimana memilih pemimpin yang rasional dengan mengutamakan kemajuan dan kesatuan NKRI," jelas Romeo.

285