Home Regional Keracunan Massal Buruh Pabrik, Sampel Makanan Dikirim Laboratorium Jateng

Keracunan Massal Buruh Pabrik, Sampel Makanan Dikirim Laboratorium Jateng

Pati, Gatra.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pati telah mengirimkan sampel makanan dan minuman yang disinyalir menjadi biang keracunan massal di PT Sejin Fashion Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mengalami keracunan massal, Selasa (16/7).

Kepala Dinkes Pati, dr Aviani Tritanti Venusia, mengatakan sampel-sampel tersebut dikirimkan ke laboratorium Provinsi Jawa Tengah.

"Sampel makanan kita bawa karena di Pati belum bisa memeriksa, sehingga kita bawa sampel-sampel makanan dan muntahan ke laboratorium Provinsi Jawa Tengah. Hasilnya seminggu-dua minggu, tapi kalau bisa dipercepat kita minta percepat," ujarnya.

Adapun sampel yang dimaksud yakni nasi, sayur asem, lauk panggang tongkol. Dimana menu tersebut yang dikonsumsi para buruh pabrik.

"Kita belum bisa memastikan (keracunan makanan) tapi curiga ke arah situ. Kepastian kita tunggu sampel, apakah mengandung bahan-bahan yang menimbulkan keracunan apa tidak," terangnya.

Ia mengungkapkan, peristiwa yang menimpa ratusan buruh itu terjadi usai jam istirahat atau sesudah karyawan bersantap siang pada jam 12.00 WIB.

"Kita sudah ambil sampel, baik sampel makanan, karena kejadian setelah istirahat makan siang bersama sekitar jam 12 dan tak lama muncul gejala para karyawan yang ikut makan," sebutnya.

Kasat Reskrim Polresta Pati, Kompol Muhammad Alfan Armin, mengatakan total 200 lebih karyawan yang mengalami gejala mirip keracunan. Mereka di rawat di rumah sakit yang berada di Kabupaten Pati dan Kudus.

"Total sementara, berdasarkan pengecekan di rumah sakit, ada 200 lebih (yang keracunan). Mereka tersebar di lima rumah sakit," ungkapnya.

75