Home Ekonomi Realisasi Lifting Minyak Hanya Capai 576 Ribu Barel per Hari pada Kuartal I-2024

Realisasi Lifting Minyak Hanya Capai 576 Ribu Barel per Hari pada Kuartal I-2024

Jakarta, Gatra.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatatkan realisasi lifting minyak di kuartal I-2024 hanya mencapai 576 ribu barel minyak per hari (BOPD).

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menjelaskan bahwa, capaian tersebut lebih rendah dibanding terget Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang sebesar 635 ribu bopd dan target work program & budget (WP&B) yang sebesar 589,5 ribu bopd.

“Realisasi produksi minyak kita adalah 576 ribu barel per hari. Dan kita melihat di outlooknya nanti adalah sekitar 595 ribu barel per hari,” kata Dwi dalam konferensi pers, capaian kinerja SKK Migas semester I-2024, di Kantor SKK Migas, Jakarta, Jumat (19/7).

Dwi menjelaskan bahwa, rendahnya realisasi tersebut disebabkan terjadinya banjir yang menghambat aktivitas pengeboran atau driling selama satu bulan.

“Kemudian lifting minyak sampai dengan semester 1 karena kita di semester 1 mengalami gangguan banjir di mana-mana. Sehingga drilling praktis lebih dari satu bulan tidak bisa dilakukan. Sehingga ada beberapa keterlambatan di keadaan drilling yang mengakibatkan realisasi produksi minyak kita adalah 576 ribu barel per hari,” jelasnya.

Kemudian, SKK Migas juga mencatatkan realisasi contingent resources yang mencapai 1.164 juta barel standar minyak (MMBOE), atau sebesar 763% dari target yakni sebesar 152,5 MMBOE. 

Selanjutnya, realisasi reserves replacement ratio (RRR) pada semester I-2024 hanya mencapai 19%. Capaian tersebut berada di bawah target yang sebesar 94%.

Sedangkan, realisasi untuk cost recovery per semester I-2024 yakni sebesar US$3,3 miliar. Nilai tersebut masih di bawah target yang telah ditetapkan yakni sebesar US$3,47 miliar.

14