Home Regional Gibran Mundur, Teguh Prakosa Resmi Dilantik Jadi Wali Kota Solo

Gibran Mundur, Teguh Prakosa Resmi Dilantik Jadi Wali Kota Solo

Semarang, Gatra.com - Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa dilantik menjadi wali kota Solo menggantikan Gibran Rakabuming Raka yang mengundukan diri setelah terpilih sebagai wakil Presiden periode 2024-2029. Prakosa dilantik sebagai wali kota Solo berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No.1002131582 Tahun 2024 tanggal 18 Juli 2024.

Pelantikan dilakukan Penjabat Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Nana Sudjana di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Jalan Pahlawan Kota Semarang, Jumat (19/7) malam.

Acara pelantikan juga dihadiri Gibran yang datang mengenakan jas hitam bersama istri Sevi Ananda, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Nana menyampaikan terima kasih atas dedikasi Gibran Rakabuming Raka selama menjabat sebagai wali kota Solo periode 2021-2024 dengan menorehkan banyak prestasi.

Prestasi itu antara lain, Solo menjadi Kota Percontohan Anti Korupsi Tahun 2024 sebagai program dari Komisi Pemberantasan Korupsi, Innovative Government Award (IGA) 2023 kategori Kota Sangat Inovatif. 

Peringkat ketiga Kota dengan Kinerja Terbaik Tingkat Kota Tahun 2023 dari Kementerian Dalam Negeri, serta Adipura 2023 kategori Kota Besar dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

“Selama Mas Gibran menjabat wali kota Solo juga banyak pembangunan, seperti Masjid Syeikh Zayed, Taman Balekambang, dan lainnya,” katanya.

Nana juga memberikan apresiasi kinerja Pemkot Solo dengan pertumbuhan ekonomi pada 2023 mencapai 5,57 persen. Angka kemiskinan pada 2023 sebesar 8,44 persen, prevalensi stunting berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) Tahun 2023 sebesar 16 persen, serta tingkat pengangguran terbuka sebesar 4,58 persen.

“Saya berharap wali kota Solo yang baru dilantik dapat mengemban tugas dengan baik dan mampu mempertahankan reputasi capaian dari wali kota sebelumnya,” harapnya.

Menurut Nana, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian Wali Kota Solo, Teguh Prakosa antara lain ingkat inflasi 2023 sebesar 3,2 persen, lebih besar dari Jateng sebesar 2,89 persen.

Mitigasi bencana, serta pengembangan sektor unggulan Kota Solo sebagai sentra budaya dan teknologi di Indonesia. "Kepada Bapak Teguh saya juga berahap kesiapan menghadapi Pilkada 2024, dengan melakukan pendidikan politik kepada masyarakat,” harapnya.

14