Home Internasional Hizbullah Tembakkan Roket dan Drone ke Israel

Hizbullah Tembakkan Roket dan Drone ke Israel

Beirut, Gatra.com - Hizbullah Lebanon mengatakan pihaknya menembakkan roket Katyusha dan pesawat tak berawak ke Israel pada hari Minggu. Serangan itu dilakukan setelah serangan yang menurut tentara Israel menargetkan fasilitas penyimpanan senjata Hizbullah.

Hizbullah telah saling serang hampir setiap hari lintas perbatasan dengan pasukan Israel untuk mendukung Hamas sejak serangan kelompok militan Palestina itu pada 7 Oktober di Israel selatan, yang memicu perang di Jalur Gaza.

Menurut Kantor Berita Nasional Lebanon resmi, enam orang terluka dalam serangan Israel semalam.

Sebagai balasan, Hizbullah yang didukung Iran, sekutu Hamas, mengatakan dalam pernyataan terpisah bahwa pada hari Minggu bahwa mereka menargetkan dua posisi militer Israel di Israel utara dengan roket dan drone Katyusha.

Pernyataan sebelumnya oleh kelompok tersebut mengatakan bahwa para pejuangnya juga menyerang daerah Dafna dengan roket Katyusha. “Sebagai respons terhadap serangan musuh Israel yang menargetkan warga sipil di kota Adloun, yang mengakibatkan beberapa dari mereka terluka,” bunyi pernyataan itu.

Militer Israel mengatakan angkatan udaranya “menyerang dua fasilitas penyimpanan senjata Hizbullah di Lebanon selatan, yang berisi roket dan persenjataan tambahan” pada Sabtu hingga Minggu malam.

Hizbullah pada hari Minggu juga mengatakan bahwa tiga pejuangnya telah tewas di Lebanon selatan.

Militer Lebanon juga melaporkan bahwa dua tentaranya terluka “sedang” pada hari Minggu, ketika tembakan Israel mengenai menara pengawas di bagian selatan negara itu.

Menurut penghitungan AFP, kekerasan yang terjadi sejak Oktober telah menewaskan sedikitnya 518 orang di Lebanon. Sebagian besar korban tewas adalah pejuang, tetapi di antaranya sedikitnya 104 warga sipil.

Di pihak Israel, 18 tentara dan 13 warga sipil tewas, menurut otoritas Israel.

118