Home Internasional Erdogan: Turki Mungkin akan Masuk Israel Membantu Palestina

Erdogan: Turki Mungkin akan Masuk Israel Membantu Palestina

Ankara, Gatra.com - Presiden Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Turki mungkin memasuki Israel seperti yang telah dilakukannya di masa lalu di Libya dan Nagorno-Karabakh. Meskipun ia tidak menjelaskan jenis intervensi seperti apa yang disarankan.

Erdogan, yang menjadi kritikus keras terhadap serangan Israel di Gaza, mulai membahas perang itu selama pidato yang memuji industri pertahanan negaranya.

“Kita harus sangat kuat sehingga Israel tidak dapat melakukan hal-hal konyol ini ke Palestina. Sama seperti kita memasuki Karabakh, sama seperti kita memasuki Libya. Kita mungkin melakukan hal serupa kepada mereka,” kata Erdogan dalam pertemuan Partai AK yang berkuasa di kampung halamannya di Rize, dikutip Reuters, Minggu (28/7).

“Tidak ada alasan mengapa kita tidak dapat melakukan ini ... Kita harus kuat sehingga kita dapat mengambil langkah-langkah ini,” Erdogan menambahkan dalam pidato yang disiarkan televisi.

Perwakilan Partai AK tidak menanggapi permintaan konfirmasi  yang meminta lebih banyak tentang komentar Erdogan. 

Israel juga tidak segera memberikan komentar apa pun.

Presiden Erdogan tampaknya merujuk pada tindakan masa lalu oleh Turki.

Pada tahun 2020, Turki mengirim personel militer ke Libya untuk mendukung Pemerintah Kesepakatan Nasional Libya, yang diakui PBB.

Perdana Menteri Libya Abdulhamid Al-Dbeibah, yang mengepalai Pemerintah Persatuan Nasional di Tripoli, didukung oleh Turki.

Turki telah membantah adanya peran langsung dalam operasi militer Azerbaijan di Nagorno-Karabakh, namun tahun lalu mengatakan bahwa mereka menggunakan "segala cara," termasuk pelatihan militer dan modernisasi, untuk mendukung sekutu dekatnya tersebut.

205