Home Ekonomi Grand Launching MOSAIC, CEO Moduit: Investor Saham Indonesia Terus Meningkat

Grand Launching MOSAIC, CEO Moduit: Investor Saham Indonesia Terus Meningkat

Jakarta, Gatra.com – Founder & CEO Moduit, Jeffry Lomanto, mengatakan, jumlah investor saham di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun, antusiasme para investor baru ini masih perlu didukung lebih lanjut oleh penguatan ekosistem pasar modal.

“Tantangan yang dihadapi termasuk literasi dan pemahaman investor yang belum mendalam, adanya oknum-oknum yang kurang bertanggung jawab, serta infrastruktur pasar modal yang belum optimal,” kata Jeffry.

Lebih lanjut Jeffry dalam grand launch fitur Moduit Stock Advisory Service (MOSAIC), sebuah layanan inovatif untuk berinvestasi saham bagi masyarakat, di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin, (29/7), menyampaikan, hal itu dibuktikan dengan kasus yang baru-baru ini terjadi.

Adapun kasus yang menghebohkan tersebut, yakni salah kelola saham yang diduga dilakukan influencer Ahmad Rafif Raya yang gaggal mengelola investasi hingga Rp71 miliar dan kasus-kasus sejenis yang pernah terjadi sebelumnya.

Tantangan tidak hanya berdampak negatif bagi salah satu pihak, namun dihadapi bersama oleh seluruh pelaku industri. Untuk itu, diperlukan upaya lebih serta dukungan dari seluruh pelaku industri agar dapat meningkatkan kinerja ekosistem pasar modal.

Direktur BEI, Jeffrey Hendrik, dalam talk show usai grand launching MOSAIC, mengatakan, pihaknya mengharapkan dengan hadirnya platform wealth management terintegrasi MOSAIC ini dapat membantu menavigasi sekaligus menjadi solusi investasi yang lebih efektif, terjangkau, dan mudah diakses.

“[Dengan kemudahan tersebut] sehingga ke depannya akan sangat membantu para investor,” kata Jeffrey.

Talkshow bertajuk “Kolaborasi Pelaku Industri Pasar Modal untuk Menciptakan Iklim Investasi Saham yang Lebih Baik” sebagai respons dan inisiatif dari Moduit dan Maybank Sekuritas atas polemik yang kerap muncul di industri pasar modal Indonesia.

Adapun pembicara atau narasumber lainnya, yakni Kepala Divisi Pengaturan & Pemantauan Anggota Bursa & Partisipan BEI, Afif Saipudin; Chief of Development Moduit, Edina Saputra; Head of Business Development & Partnership Maybank Sekuritas, Teddy Sunandar; dan Indonesia Value Investor & Edukator, Rivan Kurniawan.

Rivan menyampaikan, dari kaca mata investor saham, masalah ini tak lepas dari keterbatasan seorang investor, sehingga akhirnya mereka memercayakan dananya kepada oknum yang tidak berlisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Investor umumnya tidak memiliki cukup waktu, akses informasi, dan pengetahuan mendalam karena tuntutan aktivitas sehari-hari yang sudah padat,” ujarnya.

Karena itu, lanjut dia, investor tersebut memutuskan untuk menitipkan dana kepada oknum yang tidak mempunyai lisensi resmi dari OJK. Padahal, penting untuk mengetahui track record dari sang ahli tersebut, seperti background lisensi, pengalaman dan kredibilitasnya.

“Pihak OJK telah memberikan wadah regulasi yang mengatur bahwa syarat untuk bisa memberikan strategi atau rekomendasi investasi adalah harus mempunyai lisensi Penasihat Investasi,” katanya.

Terkait persoalan ini, Jeffry Lomanto mengatakan bahwa kolaborasi yang erat antarpelaku industri akan menciptakan iklim investasi saham yang lebih baik.

"Moduit berkomitmen untuk turut serta dalam menciptakan ekosistem investasi saham yang lebih baik di Indonesia,” ujarnya.

Meski demikian, lanjut dia, pihaknya menyadari bahwa Moduit tidak bisa berjalan sendirian. Maka dari itu, pihaknya menggandeng sesama pelaku industri untuk bisa bersama-sama berkolaborasi dalam menyediakan solusi investasi yang lebih aman dan nyaman bagi investor.

Moduit, kata dia, berkontribusi dengan menyediakan platform yang patuh regulasi, menyiapkan infrastruktur yang seamless bersama Maybank Sekuritas dan berkolaborasi dengan edukator berlisensi untuk bisa memberikan bimbingan yang bermanfaat bagi investor.

“Moduit sebagai platform Penasihat Investasi dengan tim yang berpengalaman lebih dari 20 tahun di industri, menghadirkan fitur MOSAIC,” Edina.

Ia menjelaskan, melalui MOSAIC, investor saham akan mendapatkan saran investasi secara real-time dari para pakar berlisensi OJK, tetap memiliki kendali penuh atas investasinya, serta dapat memantau dan memahami secara aktif strategi yang sedang dilakukan.

Fitur ini, katanya, bisa menjadi solusi bagi investor saham yang tidak memiliki cukup waktu untuk memantau pergerakan saham terus-menerus atau tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang pasar modal.

“Dengan MOSAIC, semua kemudahan berinvestasi saham dapat diakses secara seamless, cukup dengan satu aplikasi saja,” katanya.

Presiden Direktur Maybank Sekuritas, Wilianto Ie, menyampaikan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas kolaborasi yang baik dari OJK, BEI, dan Maybank Sekuritas yang telah membantu merealisasikan solusi ini sehingga dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Kami berkomitmen untuk melayani kebutuhan investor yang senantiasa berkembang, agar investor saham dapat berinvestasi secara efektif, aman, dan nyaman,” ujar Jeffry.

Dengan grand launching MOSAIC atau Moduit Stock Advisor Service dari PT Moduit Digital Indonesia (Moduit) berkolaborasi beberapa pihak di atas, menjadi platform Penasihat Investasi berlisensi OJK pertama yang menyediakan fitur investasi saham yang terintegrasi, menggabungkan keahlian Penasihat Investasi berlisensi dengan layanan sekuritas dari PT Maybank Sekuritas Indonesia (Maybank Sekuritas).

Seremoni tersebut merupakan kelanjutan dari soft launch yang diadakan di awal tahun 2024, sekaligus menandakan bahwa MOSAIC telah dapat diakses untuk publik, setelah sebelumnya hanya diperuntukkan bagi beberapa investor.

52