Home Politik Pangdam dan Kapolda Cek Kesiapan Pemilu ke Pulau-Pulau di Maluku

Pangdam dan Kapolda Cek Kesiapan Pemilu ke Pulau-Pulau di Maluku

Ambon, Gatra.com - Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayor Jenderal TNI Marga Taufiq dan Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa,  bersama-sama mengecek kesiapan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dihelat pada 17 April 2019.

Menggunakan transportasi udara Heli BKO Kodam Pattimura, dua petinggi TNI AD dan Polri di Maluku ini terbang menuju Pulau Haruku dan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Senin (15/4). Mereka meninjau logistik dan kesiapan pengamanan Pemilu 2019.

Sehari sebelumnya, keduanya juga menggelar kegiatan serupa dengan menggunakan bus milik Polda Maluku di Kota Ambon.

Kedua Jenderal Bintang Dua ini tampak solid. Mereka bahu membahu dan mengerahkan anak buahnya untuk bersinergi mengamankan Pemilu Presiden-Wakil Presiden dan Anggota Legislatif (DPR, DPD dan DPRD).

Dalam pengecekan persiapan Pemilu tersebut Pangdam dan Kapolda didampingi sejumlah Pejabat Utama Kodam dan Polda.

Keduanya terbang terlebih dahulu menuju Kecamatan Haruku (Pulau Haruku). Mereka melakukan pengecekan logistik seperti Kotak Suara dan Surat Suara se-Kecamatan Haruku di Kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setempat.

“Logistik Pemilu se-Kecamatan Haruku sementara masih diamankan di kantor PPK. Selain itu juga mengecek kesiapan PPK dalam  penyelenggaraan Pemilu dan mengecek Jumlah DPT dan TPS secara umum serta kesiapan anggota pengamanan,” kata Kepala Penerangan Kodam Pattimura, Kolonel Arh. Sarkistan Sihaloho dalam rilis kepada Gatra.com.

Dalam pengecekan tersebut, tampak kondisi kotak suara berjumlah 520 buah masih tersegel. Sementara surat suara berjumlah 24.189 lembar dalam keadaan aman yang dijaga 5 anggota Polsek Pulau Haruku dibantu Koramil 1504-07/Pulau Haruku secara bergantian.

Setelah meninjau kesiapan di Pulau Haruku, orang nomor 1 TNI AD dan Polri di Maluku ini kembali bergerak menuju Markas Koramil 1504-07/Pulau Haruku.

Pangdam Marga Taufiq berpesan kepada setiap personel untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban dalam menjelang hingga berakhirnya Pemilu. Kepada anggota TNI, diminta untuk selalu menjaga Netralitas pada pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019.

Hal senada juga ditekankan Kapolda Maluku Royke Lumowa. Ia meminta kepada Polri dan TNI selalu menjaga kekompakan dan sinergitas, khususnya anggota Koramil 1504-07/ Pulau Haruku dan Polsek Pulau Haruku.

Setelah meninjau kesiapan di Pulau Haruku, Pangdam dan Kapolda kembali terbang menuju Pulau Saparua. Pulau Haruku dan Saparua saling berdekatan. Kedua Pulau ini terkenal dengan sebutan Pulau-Pulau Lease ditambah Pulau Nusalaut.

Di Saparua, Pangdam dan Kapolda juga melakukan hal yang sama saat mengunjungi Haruku. Bedanya, keduanya menyempatkan waktu untuk melihat tempat bersejarah yaitu Benteng Duurstede peninggalan Belanda.

Di Markas Polsek Saparua, Pangdam dan Kapolda meminta personel agar dapat menyampaikan kendala yang dihadapi atau dialami di lapangan. Mengingat akan dilaksanakannya video conference dengan Menkopolhukam, Panglima TNI dan Kapolri.

“Permintaan Pangdam dan Kapolda itu agar dapat disampaikan ke pimpinan tertinggi,” ucap Sihaloho.


Reporter : Chen Toisuta

183