Home Ekonomi Puncak Arus Mudik Bisa Bergeser H-3

Puncak Arus Mudik Bisa Bergeser H-3

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan berdasarkan hasil pemantauan pada H-4 hingga Minggu pagi (2/6), belum terjadai lonjakan penumpang dan arus kendaraan yang ekstrem pada semua moda transportasi mudik Lebaran 2019.

Kemenhub memprediksikan ada kemungkinan puncak arus mudik bisa bergeser pada H-3. Pihak Kemenhub mengaku telah mempersiapkan berbagai hal untuk antisipasi jika malam ini terjadi lonjakan pemudik yang signifkan.

Baca juga: Puncak Arus Mudik Belum Ada Lonjakan Kendaraan yang Signifikan

Menurut Ketua Posko Mudik Kemenhub, Chandra Irawan, tidak terlihatnya lonjakan pada H-4 hingga pagi hari ini kemungkinan terjadi akibat masyarakat telah melakukan perjalanan mudik pada saat awal hari libur, yaitu sekitar H-7 dan H-6.

Baca juga: Pantau Arus Mudik dan Balik, Basarnas Banten Patroli di Selat Sunda

"Kami juga sempat memperkirakan bahwa H-7 itu baru awalan masyarakat melakukan perjalanan mudik, tapi kenyataannya kemarin ternyata malah peningkatan kendaraan dan penumpangnya melonjak tinggi," katanya di Posko Mudik Kemenhub, Jakarta.

Sehingga, menurutnya, lonjakan pada H-4 hingga pagi tadi tidak melebih lonjakan pemudik pada H-7 dan H-6. Bahkan berdasarkan pantauan Gatra.com melalui CCTV di Posko Mudik Kemenhub, lalu lintas jalan di berbagai daerah terpantau lengang dan lancar.

371