Home Internasional Rusia Serang Pangkalan Udara Ukraina

Rusia Serang Pangkalan Udara Ukraina

Moskow, Gatra.com - Ledakan bergema di langit menjelang fajar saat pertahanan udara Ukraina menangkis serangan Rusia di sebuah kota kecil di Ukraina barat ini. Lokasi ini merupakan pangkalan udara dan sering menjadi sasaran serangan Moskow.

Reuters, Selasa (2/7) melaporkan, beberapa jam setelah penyerangan, jalan-jalan rapi di Starokostiantyniv telah kembali ke keadaan normal.

Namun serangan pada tanggal 27 Juni itu adalah sebuah pengingat nyata mengenai tantangan yang dihadapi Kyiv, saat membangun kembali angkatan udaranya yang terkuras dan mengerahkan F-16 pertama rancangan AS -pesawat tempur yang oleh Rusia bertekad untuk mendaratkannya atau menghancurkannya.

Pesawat pertama diperkirakan tiba bulan ini, dan Ukraina berharap mereka akan meningkatkan pasukan yang berusaha mengusir serangan Rusia di sepanjang garis depan, yang mencakup bom luncur yang berpotensi dapat diganggu oleh F-16.

Para pejabat belum mengungkapkan di mana F-16 akan ditempatkan, n namun Moskow mengatakan setelah serangan terhadap Starokostiantyniv Kamis lalu bahwa mereka telah menargetkan lapangan udara, yang diyakini akan menampung mereka.

Pangkalan udara tersebut sering diserang sejak hari-hari pertama invasi Rusia Februari 2022, termasuk dari pesawat tak berawak dan rudal hipersonik.

Penduduk pos militer bersejarah yang dihuni sekitar 30.000 orang, yang dijuluki Starkon, di wilayah Khmelnytskyi, Ukraina telah belajar menyesuaikan diri dari bahaya yang terus mengancam.

“Singkatnya, 'menyenangkan' tinggal di sini,” kata pejabat kota dan pakar budaya setempat, Vasyl Muliar sambil tersenyum kecut, berbicara setelah serangan baru-baru ini.

Juru bicara angkatan udara Ukraina mengatakan serangan itu menghadirkan kesulitan tertentu, tetapi tidak akan merusak pengiriman F-16 atau penggunaannya dalam pertempuran.

Para pejabat bungkam mengenai rincian serangan terhadap objek seperti pangkalan militer dan infrastruktur penting.

Para analis militer mengatakan Rusia mungkin menargetkan infrastruktur pangkalan udara seperti landasan pacu dan fasilitas penyimpanan untuk mempersulit pengerahan F-16 ke udara, dan, ketika jet-jet Barat itu tiba.

“Militer Ukraina, yang kekurangan amunisi pertahanan udara, kemungkinan besar juga terpaksa memindahkan pesawat-pesawat berharga itu di sekitar lapangan udara,” kata Justin Bronk, dari Royal United Services Institute.

“Setiap cakupan pertahanan udara berbasis darat dapat dimaksimalkan jika Rusia cukup peduli untuk menembakkan cukup banyak rudal ke satu target,” katanya.

Puing-puing beserakan

Setelah serangan Kamis lalu, Gubernur Serhiy Tyurin mengatakan pertahanan udara telah menghancurkan sembilan target di wilayahnya. Sesaat sebelum itu, angkatan udara telah memperingatkan penduduk bahwa pesawat tanpa awak sedang menuju Starokostiantyniv.

Penduduk setempat, yang berhati-hati untuk tidak membocorkan apa yang mungkin dianggap sebagai informasi militer yang sensitif, menggambarkan kehidupan di bawah ancaman serangan dan di tengah deru pesawat tempur Ukraina.

Iryna Sapchuk, pemimpin redaksi surat kabar lokal Our City, mengatakan rumah orang tuanya pernah menjadi sasaran penggerebekan sebelumnya, yang menyebabkan atap dan gudang rusak.

“Mereka menemukan serpihan rudal di pohon ceri dekat jendela,” tambahnya.

Seperti di banyak kota lain di Ukraina, warga tampak bersemangat menunjukkan keberaniannya meskipun ada bahaya perang dan ketidaknyamanan akibat seringnya pemadaman listrik yang disebabkan oleh serangan Rusia pada sistem energi.

69