Home Politik Pembongkaran Instalasi Bambu Dikritik, Ini Penjelasan Anies

Pembongkaran Instalasi Bambu Dikritik, Ini Penjelasan Anies

 

Jakarta, Gatra.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menanggapi kritik atas dibongkarnya instalasi bambu getah getih di kawasan Bundaran HI. Ia menegaskan, bambu yang digunakan hanya dapat bertahan selama enam bulan.

“Ya dari awal sudah saya garis bawahi bahwa kita menggunakan material lokal bambu. Pada waktu itu malah saya katakan diperkirakan usianya enam bulan,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Jumat (19/7).

Anies mengakui, instalasi bambu itu tak bisa bertahan lama tapi merupakan bahan lokal. Ia membandingkan dengan besi yang umumnya barang ekspor. 

“Kalau saya memilih besi, maka itu impor dari Tiongkok, mungkin besinya. Uangnya justru tidak ke rakyat kecil,” ucap Anies.

Dengan memilih bambu, kata Anies, anggaran biaya Rp550 juta akan mengalir ke petani. Ia mengatakan, instalasi bambu getah getih dibuat hanya untuk memeriahkan Asian Games 2018.

“Jadi justru anggaran kita dimanfaatkan untuk rakyat kebanyakan. Proyeksinya waktu itu usianya enam bulan. Dan memang bambu itu ada masa hidupnya. Alhamdulillah dengan sekarang bisa sampai 11 bulan,” ujarnya.

196