Home Kesehatan Kepolisian Pastikan Gunung Sumbing Steril Pendaki

Kepolisian Pastikan Gunung Sumbing Steril Pendaki

Wonosobo, Gatra.com - Kepolisian Wonosobo memastikan pada Senin siang (12/8) ini, Gunung Sumbing  steril dari pendaki.  Itu terjadi setelah tim penyelamatan dan pencarian (SAR) melakukan evakuasi terakhir tiga rombongan pendaki dengan jumlah 10 orang.

Kepala Seksi Humas Kepolisian Sektor Kalikajar, Aiptu Anang R mengatakan, total tim SAR gabungan mengevakuasi 66 pendaki dari Gunung Sumbing. Sebelumnya, Tim penyelamatan dan pencarian (SAR) gabungan terus berupaya mengevakuasi puluhan pendaki sejak Minggu malam.

“Ditambah yang sedang turun 10 orang, jadi 76 orang,” katanya saat dihubungi Gatra.com, Senin (12/8).

Saat ini tim sedang mengevakuasi 10 pendaki tersisa di Gunung Sumbing. Informasi yang diperolehnya, para pendaki sudah tiba di Pos 2 dan akan segera turun ke Basecamp Butuh, Kalikajar.

“Masih ada yang di atas, masih ada yang proses turun ya. Ada tiga rombongan, dengan jumlah rombongan kurang lebih sekitar 10 orang. Sudah dijemput. Pukul 11.30 WIB tadi sudah sampai di Pos 2,” ucapnya.

Tim SAR gabungan telah mengevakuasi sebanyak 66 pendaki. 20 pendaki dievakuasi dan tiba di Basecamp Bowongso Minggu malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Kemudian sebanyak pendaki 46 pendaki lainnya berhasil dievakuasi sejak Minggu malam hingga Senin dini hari ke Basecamp Butuh, Kalikajar. Dia memastikan para pendaki dalam kondisi aman dan tiba di basecamp dalam kondisi selamat.

“Yang pertama tadi di Bowongso, jumlahnya ada 20 orang, sudah diturunkan tadi malam, sampai di basecamp itu jam 10 malam. Untuk saat ini saat ini kami berada di Basecamp Sumbing di Desa Butuh, ya. Situasi sampai saat ini aman,” katanya.

Eko Rahmat mengatakan, wilayah Kalikajar sementara ini aman dari kebakaran Gunung Sumbing. Kebakaran melanda Petak 28 Desa Banyumudal Kecamatan Sapuran. Akan tetapi, tim tetap berhati-hati karena masih ada kemungkinan munculnya titik api di wilayah lainnya.

MEnurutnya, titik api sejauh ini tak terpantau baik dari Basecamp Bowongso mapun Butuh. Namun, kepulan asap titik api masih ada di wilayah Sapuran. Tim gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, BPBD, relawan dan warga masih melakukan pemadaman api.

182