Home Kesehatan Kabut Asap Pekat, Warga Pekanbaru Mulai Mengungsi ke Poskes

Kabut Asap Pekat, Warga Pekanbaru Mulai Mengungsi ke Poskes

Pekanbaru, Gatra.com - Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih terus menyelimuti Riau. Di Pekanbaru malah semakin pekat.

Akibatnya, sejumlah masyarakat mulai mengungsi ke Posko kesehatan (Poskes) yang didirikan oleh Pemerintah maupun instansi non pemerintah.

Salah satu posko yang paling banyak didatangi dan dijadikan tempat mengungsi adalah Posko Kesehatan Kabut Asap Milik DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Jalan Soekarno Hatta, Pekanbaru.

"Alhamdulillah sejak pertama kali dibuka pada 11 September lalu, Posko kita tak pernah sepi. Selain berobat, ada juga yang mengungsi dan menginap di sini," kata Ketua Relawan DPW PKS Riau, Ahmad Sukrillah saat berbincang dengan Gatra.com, Rabu (18/9).

Hingga hari ini kata Ahmad, sudah 137 orang mengungsi ke Posko itu. Mereka didominasi oleh ibu hamil, anak-anak, balita dan Lansia.

"Bagi yang menginap, kita memberikan fasilitas sarapan, makan siang dan makan malam. Ada juga suplemen untuk ibu hamil dan anak-anak. Dan yang jelasnya, semua ruangan di Posko kita pakai AC dan juga dipasang Air Purifier biar udara di dalam Posko lebih bersih. Makanya banyak yang sudah pulang, datang lagi ke sini. Katanya lebih segar di Posko ini," ujar Ahmad.

Selain yang menginap, sudah 637 Kepala Keluarga pula yang datang ke Posko Kesehatan milik PKS itu. Dari jumlah itu, 553 orang di antaranya berobat dan selebihnya hanya beristirahat atau sekedar mendapatkan udara segar.

"Insya Allah kita akan tetap buka hingga kabut asap ini berakhir," katanya.

201