Home Politik Muncul Meme Parodi, Faldo Maldini: Politik Harus Happy

Muncul Meme Parodi, Faldo Maldini: Politik Harus Happy

Padang, Gatra.com - Politisi muda, Faldo Maldini mulai memanaskan mesin politiknya menjelang Pemilihan Kepala Daerah Sumatera Barat (Sumbar) 2020. Selain sudah ratusan titik yang dikunjungi, banyak juga meme yang memarodikan dan mendukung tagline Sumangaik Baru (Semangat Baru) yang diusungnya.

Mantan Juru Bicara Prabowo-Sandi di Pilpres 2019 itu bersyukur mendapat sambutan yang begitu ramai. Menurutnya, penduduk Sumbar yang sangat mencintai kampung halamannya, memiliki keinginan besar bergerak bersama. Banyaknya meme Sumangaik Baru yang muncul itu, baginya sebagai bukti antusiasnya sambutan dari warga Sumbar.

Apalagi, menurut Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sumbar itu, warga Ranah Minang rasional dan kritis, tentu tidak sembarangan memberikan dukungan.

Termasuk, memenya yang banyak muncul itu, baik negatif atau positif juga bentuk respon kritis sekaligus dorongan baginya untuk maju bersama.

"Banyaknya meme itu bentuk respon warga. Kalau warga Sumbar, diajak bergerak untuk memperbaiki kampung halaman, tidak ada ragu di hatinya. Semuanya pasti mau, tinggal diyakinkan," kata Mantan Ketua BEM Universitas Indonesia itu, Sabtu (16/11) di Padang.

Mantan Wasekjen Partai Amanat Nasional (PAN) itu menjelaskan, Sumangaik Baru merupakan ajakan untuk meninggalkan cara-cara lama dalam berpolitik. Maka sebab itu, ia tidak mempermasalahkan bila ada yang mem-bully-nya. Apalagi, setiap warga memiliki hak untuk menyampaikan pendapat dengan caranya masing-masing.

Dalam pengakuannya, politisi muda asal Nagari Tapan, Pesisir Selatan itu tidak risih atau takut di-bully. Bahkan, ia menyediakan tempat bagi warga Sumbar yang ingin mengritisinya bahkan merisaknya.

Sebab, baginya bully sudah bagian risiko ketika sebelum atau ketika menjadi pejabat. Dengan artian, jika tidak ingin di-bully, lebih baik tidak usah jadi pejabat.

"Kalau tidak mau di-bully, jangan jadi pejabat. Warga bayar pajak buat membayar Anda kok. Kalau saya di Sumbar, bikin acara orang buat bully saya, namanya Kubak Faldo (Buka Faldo), ada yang plesetin jadi Lakak Faldo (Pukul Faldo), ya tidak apa. Budaya untuk tak sungkan menguji calon pemimpin harus kita tumbuhkan dari bawah. Jangan beli kucing dalam karung," terangnya.

Diketahui, berbagai macam meme bermunculan untuk memarodikan poster Sumangaik Baru (Semangat Baru) milik Faldo Maldini akhir-akhir ini. Di antaranya Sumangaik Baralek (Semangat Menikah), Sumangaik Barasiah (Semangat Bersih) Cindua Takacau Hari Hujan (Pekerjaan Yang Sia-Sia), Sumbarang Kanai (Tidak Berpikir), dan Sumbarang Ang Se Lah (Terserah Anda Saja).

"Meme itu awalnya dari Sumangaik Baru. Tapi karena kreativitas anak muda Sumbar, jadi macam-macam. Bagi yang menerima, alhamdulillah. Kalau yang menghina, alhamdulillah saya doakan. Jadi yang bikin lucu-lucuan, ya politik memang harus happy," ujar Faldo.

524