Home Milenial Era Disrupsi Teknologi, Guru Harus Siap dengan Perubahan

Era Disrupsi Teknologi, Guru Harus Siap dengan Perubahan

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mengedepankan tema Guru Penggerak Indonesia Maju pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-74 sekaligus Memperingati Hari Guru Nasional. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekertaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Sesditjen GTK) M.Q. Wisnu Aji.

Menurut Wisnu, Mendikbud Nadiem Makarim juga telah menginstruksikan agar tema guru penggerak indonesia maju menjadi intisari dimana Guru-guru harus menjadi salah satu agen perubahan. Hal tersebut didorong oleh situasi dimana saat ini jaman telah memasuki era disrupsi 4.0 akibat teknologi informasi.

"Itu artinya bahwa guru harus menjadi satu agen perubahan, dimana kita sekarang memasuki era disrupsi 4.0 akibat teknologi informasi di mana para siswa-siswa kita akan menghadapi suatu era disrupsi teknologi, sehingga lapangan pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang pendidikannya. Untuk itu maka semua harus punya keterampilan," ujar Wisnu saat ditemui di Taman Makam Pahlawan, Jakarta, Jumat (22/11).

Menurut Wisnu, guru ke depan punya peran penting dalam mempersiapkan siswa-siswa yang mempunyai kompetensi dan keahlian guna meningkatkan serapan lulusan pendidikan ke dalam dunia Industri ataupun dunia pekerjaan. Dengan tugas tersebut, diharapkan guru mempunyai metode dan strategi baru dalam proses pembelajaran.

"Tema Guru sebagai agen perubahan, jadi seorang guru harus bisa mengubah metode pembelajarannya. Guru harus bisa menjadi fasilitator, katalisator, serta menemukan potensi peserta didiknya sesuai perkembangan zaman. Agar siswa-siswa punya skill yang sesuai dengan dunia pekerjaan di era nya nanti," Jelas Wisnu.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rosyidi juga hadir dalam kegiatan upacara dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Kegiatan ini sebagai bentuk penghormatan untuk para pahlawan khususnya dibidang pendidikan yang telah memberikan sumbangsih besar pada negara.

275