Home Teknologi Kolam Neraka di Bumi, Ilmuwan Tidak Menemukan Kehidupan

Kolam Neraka di Bumi, Ilmuwan Tidak Menemukan Kehidupan

Jakarta,Gatra.com -- Makhluk hidup, terutama mikroorganisme, memiliki kemampuan mengejutkan untuk beradaptasi dengan lingkungan paling ekstrem di planet kita. Tetapi masih ada tempat di mana mereka tidak bisa hidup. Peneliti Eropa telah mengkonfirmasi tidak adanya kehidupan mikroba di kolam panas, kolam dengan kadar garam super tinggi (hipersalin), hiperasam (sangat asam) di kawasan panas bumi Dallol di Ethiopia.

Lanskap inferior Dallol, yang terletak di Ethiopia Danakil, meluas di atas kawah gunung berapi yang penuh garam, tempat gas beracun memancar, dan air mendidih di tengah aktivitas hidrotermal yang intens. 'Neraka di Bumi' ini salah satu lingkungan paling panas di Bumi. Di sana, suhu harian di musim dingin bisa melebihi 45 oC, dan ada banyak kolam hipersalin dan hiperasam, dengan nilai pH yang bahkan negatif.

Sebuah studi baru-baru ini, yang diterbitkan tahun ini, menunjukkan bahwa mikroorganisme tertentu dapat berkembang di lingkungan multi-ekstrim ini (secara bersamaan sangat panas, bergaram, dan asam), yang telah mengarahkan penulisnya untuk menyajikan tempat ini sebagai contoh dari batasan yang dapat didukung kehidupan , dan bahkan mengusulkannya sebagai analog permukaan Mars purba.

Tim ilmuwan Perancis-Spanyol yang dipimpin ahli biologi Lopez Garcia dari Pusat Penelitian Ilmiah Nasional (CNRS) telah menerbitkan sebuah artikel di Nature Ecology and Evolution menyimpulkan sebaliknya. Menurut para peneliti ini, tidak ada kehidupan di kolam multi-ekstrim Dallol.

"Setelah menganalisis lebih banyak sampel daripada di karya sebelumnya, dengan kontrol yang memadai agar tidak mencemari mereka dan metodologi yang terkalibrasi dengan baik, kami telah memverifikasi bahwa tidak ada kehidupan mikroba di kolam asin, panas dan asam ini," tegas Lopez Garcia.

"Apa yang ada adalah keragaman besar archaea halofilik (sejenis mikroorganisme pencinta garam primitif) di padang pasir dan ngarai garam di sekitar situs hidrotermal," kata ahli biologi itu. "Tetapi tidak dalam kolam hiperasam dan hipersalin itu sendiri, juga tidak di apa yang disebut danau Hitam dan Kuning Dallol, di mana magnesium berlimpah. Dan semua ini terlepas dari fakta bahwa perpindahan mikroba di daerah ini, karena angin dan kunjungan manusia, sangat kuat," katanya.

Hal ini dikonfirmasi oleh hasil dari semua berbagai metode yang digunakan oleh tim, termasuk urutan besar penanda genetik untuk mendeteksi dan mengklasifikasikan mikroorganisme, upaya kultur mikroba, sitometri aliran fluoresen untuk mengidentifikasi sel-sel individual, analisis kimia air asin dan pemindaian gabungan mikroskop elektron dengan spektroskopi sinar-X.

Lopez Garcia memperingatkan bahwa beberapa endapan mineral Dallol yang kaya silika mungkin terlihat seperti sel mikroba di bawah mikroskop, jadi apa yang terlihat harus dianalisis dengan baik: "Dalam penelitian lain, selain dari kemungkinan kontaminasi sampel dengan archaea dari tanah yang berdekatan, partikel mineral ini mungkin telah ditafsirkan sebagai sel-sel fosil, ketika pada kenyataannya mereka terbentuk secara spontan di air asin meskipun tidak ada kehidupan," katanya.

Menurut penulis, karya ini "membantu membatasi batas kelayakhunian dan menuntut kehati-hatian ketika menafsirkan tanda tangan morfologis di Bumi dan sekitarnya," yaitu, orang tidak boleh mengandalkan aspek seluler atau 'biologis' dari suatu struktur, karena bisa memiliki asal abiotik.

"Selain itu, penelitian kami menyajikan bukti bahwa ada tempat di permukaan bumi, seperti kolam Dallol, yang steril meskipun mengandung air cair," tegas Lopez Garcia. Ini berarti bahwa keberadaan air cair di sebuah planet, yang sering digunakan sebagai kriteria kelayakhunian, tidak secara langsung menyiratkan bahwa ia memiliki kehidupan.

Dalam hal ini, para peneliti telah menemukan dua penghalang fisik-kimia yang mencegah keberadaan organisme hidup di kolam: kelimpahan garam magnesium chaotropic (agen yang merusak jembatan hidrogen dan mendenaturasikan biomolekul) dan pertemuan simultan hipersalin, hyperasam dan suhu yang tinggi.

"Kami tidak akan berharap menemukan bentuk-bentuk kehidupan di lingkungan yang sama di planet lain, setidaknya tidak berdasarkan pada biokimia yang mirip dengan biokimia terestrial," kata Lopez Garcia, yang menegaskan perlunya memiliki beberapa indikasi, untuk menganalisis semua jenis alternatif. dan untuk menjadi sangat bijaksana dengan interpretasi sebelum mencapai kesimpulan dalam astrobiologi.

2314