Home Kebencanaan Awasi Pemudik, Kota Sibolga Buka Posko di Perbatasan

Awasi Pemudik, Kota Sibolga Buka Posko di Perbatasan

Sibolga, Gatra.com - Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga Sumatera Utara (Sumut), melalui Dinas Perhubungan (Dishub) setempat akan membuka empat posko pemeriksaan kesehatan. Posko akan dibuka di pebatasan antara kota, untuk mengantisipasi arus mudik Lebaran 1441 sekaligus pencegahan Covid-19. 
 
Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Sibolga, Marojahan Sitorus, pada pelaksanaan Public Hearing bersama elemen masyarakat, DPRD dan pemerintah serta TNI dan Polri di gedung DPRD Sibolga, Senin (20/4).
 
Diungkapkan, di posko tersebut nantinya akan bekerja sama dengan beberapa instansi pemerintah termasuk TNI dan Polri. Bahkan di sana juga akan ditempatkan petugas kesehatan dan mobil ambulance bilamana ditemukan warga atau pemudik yang terindikasi Covid-19.
 
"Mobil ambulance ini nantinya akan langsung membawa orang terindikasi Covid-19 tersebut ke rumah sakit rujukan pemerintah atau ke tempat yang telah ditentukan," ujarnya. 
 
Dengan demikian kata dia, tidak ada istilah tidak ada lagi mobil penumpang ataupun mobil ekspedisi dan lainnya yang masuk Kota Sibolga tidak diperiksa kesehatan sopir dan penumpangnya. Tapi semua akan diperiksa dan disemprot disinfektan. 
 
"Selain membuka empat posko pemeriksaan kesehatan tersebut, kita sebelumnya telah membuat posko pemeriksaan kesehatan penumpang dan sopir ini di terminal terpadu Sibolga. Setiap mobil penumpang yang datang dari dan ke Kota Sibolga wajib masuk terminal Sibolga dan menjalani pemeriksaan kesehatan. Sekaligus juga mobilnya kita semprot dengan menggunakan cairan disinfektan," pungkasnya. 
 
 
405