Home Kebencanaan Pasar Sokaraja Tutup Sementara, 5 Positif Covid-19

Pasar Sokaraja Tutup Sementara, 5 Positif Covid-19


Banyumas, Gatra.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas menutup sementara aktivitas di Pasar Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah, mulai Senin (27/7) hingga Rabu mendatang (29/7). Penutupan dilakukan setelah ditemukan lima orang terkonfirmasi positif Covid-19 di pasar tersebut.

Kepala UPTD Pasar Wilayah Banyumas Timur, Didik Haridik NG mengatakan, lima orang tersebut terdiri dari empat pedagang dan seorang petugas keamanan pasar Sokaraja. Pihaknya pun untuk sementara menutup pasar selama tiga hari.

"Mulai hari ini Senin sampai hari Rabu (29/7) untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19," kata Didik, Senin (27/7).

Menurutnya selama penutupan pasar, petugas akan menyemprotkan disinfektan di area pasar untuk mencegah penyebaran Covid-19. Pasar kembali beroperasi seperti biasa pada Kamis (30/7).

Pantauan Gatra.com, puluhan petugas BPBD Banyumas melakukan penyemprotan di seluruh lapak pedagang. Termasuk ruang kantor yang berada di lantai dua.

Sebagai informasi, Pasar Sokaraja merupakan pasar tradisional kedua yang ditutup Pemkab Banyumas. Sebelumnya, Pasar Wage Purwokerto juga ditutup menyusul ditemukannya pedagang maupun pengelola pasar yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Dari informasi yang dihimpun, kelima pasien tersebut diduga merupakan kontak erat dengan seorang pedagang yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19. Hal ini diketahui dari tes swab massal yang dilakukan Pemkab Banyumas.

"Total yang terkonfirmasi positif 5 orang. Tapi pedagang 4, dari petugas kami 1," ucapnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Pasar Wilayah Banyumas Timur, Didik Haridik NG mengatakan, secara tidak langsung temuan kasus pedagang dan pengelola pasar positif tersebut bakal berdampak pada penurunan pengunjung. Sebab, ada kekhawatiran bakal muncul kasus penularan COVID-19 baru.

"Kalau dampaknya ya, biasanya, pasar itu agak sepi. Artinya pengunjung juga agak berpikir ulang mau ke pasar ini. Nah itu yang ditakutkan pedagang," ucapnya di sela sterilisasi Pasar Sokaraja, Senin (27/7). 

Didik mengatakan, pedagang di Pasar Sokaraja berjumlah lebih dari 1.000 orang. Namun, hanya separuhnya yang aktif berjualan. Adapun UPTD Pasar Wilayah Banyumas Timur, membawahi tujuh pasar, yakni Pasar Sangkalputung, Sokaraja, Banyumas, Kemranjen, Sumpiuh dan pasar Tambak.  

223

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR