Home Kesehatan Duh! 238 Taruna Politeknik Transportasi Darat Tergigit Covid

Duh! 238 Taruna Politeknik Transportasi Darat Tergigit Covid

Tabanan,Gatra.com- Sebanyak 238 orang taruna (mahasiswa) Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali di Desa Samsam, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali terpapar Covid-19. Direktur Poltreda Bali Bambang Wijanarko mengatakan seluruh taruna-taruni telah diisolasi di kampus Poltreda Bali.

"Seluruh taruna-taruni diisolasi di asrama kampus Poltrada Bali diawasi tenaga kesehatan.Tidak boleh keluar dan sebaliknya, hanya tenaga kesehatan memakai pakaian APD diijinkan masuk ke kampus mengantarkan makanan dan keperluan taruna diisolasi tersebut," katanya di Tabanan, Kamis, 3/12.

Calon taruna-taruni dari seluruh Indonesia sejumlah 311 orang tersebut datang ke kampus Poltreda Bali, pada 7 November 2020 guna pengenalan kampus dan pengenalan Kementerian Perhubungan. Semua membawa dokomen hasil swab negatif dari daerah masing-masing.

"Selama berada di kampus mereka menerapkan protokol kesehatan memakai masker, face shield, mencuci tangan dan menjaga jarak," katanya.

Setelah berada di kampus sekitar 13 hari terdapat sejumlah taruna yang mengeluhkan gejala meriang, sakit tenggorokan dan anosmia sehingga dilakukan test rapid antigen yang hasilnya dari 311 taruna yang ditest, hasilnya 138 orang positif dan 173 orang negatif.

"Kami menerapkan prinsip datang sehat, pulang juga sehat. Maka taruna positif kami karantina di kampus sampai sembuh, baru dipulangkan. Rencananya setelah dua minggu di kampus, taruna akan dipulangkan. Minggu kemarin mereka seharusnya pulang," paparnya.

Dirinya mengatakan tidak habis pikir,padahal taruna sudah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.Mulai memakai masker, mencuci tangan setiap dua jam dan menjaga jarak.

Selanjutnya, Kadiskes Kesehatan Kabupaten Tabanan, I Nyoman Suratmika sebagai Satgas Bidang Kesehatan menyampaikan, dari 311 orang mahasiswa Poltrada Bali, berdasarkan hasil swab yang dilakukan 238 orang di antaranya terkonfirmasi positif. Lima orang lainnya hasilnya belum keluar.

Kejadian tersebut awalnya diketahui setelah Direktur Poltrada Bali mengirimkan surat tentang Laporan Hasil Rapid Swab Antigen Taruna Poltrada dan Tindak lanjut pananganan Covid-19 pada 23 November 2020.

"Pada surat tersebut dilaporkan berdasarkan hasil Rapid Swab Antigen tertanggal 22 November 2020, dari 311 orang taruna yang dilakukan Rapid Swab Antigen, 138 orang diantaranya terkonfirmasi positif, dan 175 orang negatif," sebutnya.

Kemudian lanjut dilakukan swab kedua pada 27 November 2020 karena adanya 10 taruna yang bergejala demam, batuk dan anosmia. Swab kedua hasilnya 238 orang taruna positif Covid-19 dan lima taruna belum keluar hasilnya.

166