Home Ekonomi Rogoh Kocek Rp25 Miliar, PO SAN Luncurkan Bus Sehat

Rogoh Kocek Rp25 Miliar, PO SAN Luncurkan Bus Sehat

Semarang, Gatra.com - Pandemi COVID-19 yang melanda dunia sejak sembilan bulan terakhir, menjadi tantangan banyak pihak, termasuk dari sektor transportasi. Agar mampu tetap bertahan di tengah pandemi, pengusaha jasa transportasi pun harus berinovasi untuk menyesuaikan dengan kenormalan baru.

Seperti yang dilakukan Perusahaan Otobus SAN Putra Sejahtera (PO SAN). Untuk menyongsong pulihnya ekonomi di tahun 2021, PO SAN meluncurkan delapan bus mewah baru yakni Bus Scania K410IB-6x2.

Bus ini tidak seperti bus-bus lainnya, namun sudah dilengkapi fitur menjaga kesehatan udara di dalam kabin karena sudah teknologi Intelligent Air Purification and Disinfection System 2.0 besutan SONGZ.

Direktur Utama PO SAN Kurnia Lesani Adnan, mengatakan, air purifier ini dapat membersihkan udara dari partikel kecil sampai 2,5 mikron yakni dari polusi udara seperti asap, bau tidak sedap dan membunuh kuman karena dilengkapi 4 teknologi mutakhir seperti electrostatic dust collection (PM2.5), UV lamp, Ionizer, dan photocatalyst filter.

"AC Bus Scania K410IB-6x2 terbaru ini menggunakan Thermo King, yakni AC bus dengan kinerja terbaik dan handal dengan tingkat kenyamanan maksimal pada kondisi iklim yang ekstrim," jelasnya, Kamis (24/12).

Selain itu bus ini juga menerapkan jaga jarak, karena memiliki konfigurasi tempat duduk 2-2, dan kapasitas angkutnya mencapai 56 penumpang, sehingga penumpang tetap merasa aman dan nyaman, tanpa khawatir tertular Covid-19.

Bus Scania K410IB-6x2 terbaru ini dibangun oleh Karoseri Laksana (Semarang) dan Karoseri Adiputro (Malang), masing-masing membangun empat unit. Nantinya, kedelapan bus ini akan memperkuat layanan PO SAN untuk trayek Pasir Pangaraian - Pekan Baru - Lintas Timur - Tol Sumatera - Jakarta - Tol Trans Jawa - Solo - Tulungagung - Blitar dengan harga tiket sekitar Rp550 ribu.

Ditambahkannya, dengan tambahan delapan unit baru, maka lima bus yang sudah ada, akan tetap melayani trayek yang sama namun kami alihkan melalui jalur selatan Jawa.

Disebutkannya, untuk menambah delapan armada baru itu, PO SAN menginvestasikan dana sebesar Rp25 miliar. Ke delapan bus tersebut akan mulai beroprasi pada tahun 2021 mendatang. Pihak perusahaan mengandeng RedBus, untuk penjualan tiket online khusus bus, dengan memberikan harga promosi.

Sementara itu, General Manager of Truck, Bus, and Crane Sales, Operation Division, PT United Tractors Tbk, Suhardi menambahkan, sebagai distributor tunggal merek Scania di Indonesia, United Tractors siap mendukung kemajuan transportasi darat.

"Sebagai Leading Transportation Provider, United Tractors senantiasa berkomitmen memajukan bisnis transportasi mitra usaha didukung dengan jaminan layanan jual prima, termasuk kepada PO SAN yang menjadi mitra kami dengan meluncurkan 8 unit bus Scania K410IB-6x2 terbaru ini,” kata Suhardi.

4042

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR