Home Kesehatan Raffi Ahmad Masuk Deretan Penerima Vaksin Perdana

Raffi Ahmad Masuk Deretan Penerima Vaksin Perdana

Jakarta, Gatra.com - Di tengah-tengah pelaksanaan vaksinasi corona virus disease 2019 (Covid019), selain kepala negara dan para pejabat negara yang mendapat vaksin perdana, terlihat juga sosok Raffi Ahmad, artis ibu kota yang mendapat suntikan vaksin Sinovac, Rabu (13/1). 

Kegiatan vaksin yang disiarkan live di chanel youtube Sekretariat Kepresidenan (Setpres), dimulai pukul 08.55 WIB pagi tadi, di Istana Merdeka Jakarta, menyedot perhatian publik, karena sejak merebaknya Covid-19 di Indonesia sejak Maret 2020 lalu, akhirnya pemerintah dapat melaksanakan vaksinasi untuk mengatasi virus yang telah melumpuhkan semua sektor.

Vaksinasi Covid-19 perdana yang dilakukan pemerintah mengedepankan prinsip kehati-hatian. Tidak hanya menunggu keluarnya izin penggunaan darurat BPOM dan fatwa halal MUI, sejumlah persyaratan lainnya juga menjadi perhatian serius. Pemerintah tidak serta merta menyuntikan vaksin terhadap orang yang beresiko.

 

Adapun deretan nama-nama yang mendapat suntikan vaksin perdana bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang berasal dari berbagai latar belakang antara lain: Daeng Mohammad Faqih (Ketua Umum PB IDI);  Amirsyah Tambunan (Sekjen MUI sekaligus mewakili Muhammadiyah); Ahmad Ngisomudin (Rois Syuriah PBNU); Marsekal Hadi Tjahjanto (Panglima TNI); Jenderal Pol. Idham Azis (Kapolri); dan Raffi Ahmad (perwakilan milenial).

Pada kesempatan ini, vaksin Covid-19 juga diberikan kepada Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin, Unifah Rosyidi (Ketua Umum PGRI), Ronald Rischard Tapilatu (Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia), Romo Agustinus Heri Wibowo (Konferensi Waligereja Indonesia), I Nyoman Suarthani (Parisada Hindu Dharma Indonesia), Partono Nyanasuryanadi (Persatuan Umat Buddha Indonesia), dan Peter Lesmana (Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia).

 

Selanjutnya Penny Kusumastuti Lukito (Kepala BPOM), Rosan Perkasa Roeslani (Ketua Kadin), Ade Zubaidah (Sekjen Ikatan Bidan Indonesia), Harif Fadhillah (Ketua Umum DPP PPNI) Nur Fauzah (perawat), Lusy Noviani (Wasekjen Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia), Agustini Setiyorini (perwakilan buruh), dan Narti (perwakilan pedagang).

 

Di samping itu, tampak Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dan dr Reisa Asmo Subroto, turut serta mengikuti vaksinasi perdana ini.

 

Program vaksinasi ini dijalankan setelah keluarnya hasil uji klinis dan data-data saintifik lainnya serta izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

 

294