Home Regional Presiden Jokowi Beli Tiga Ekor Sapi Milik Petani di Wonogiri

Presiden Jokowi Beli Tiga Ekor Sapi Milik Petani di Wonogiri

Wonogiri, Gatra.com – Tiga ekor sapi milik petani di Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, dibeli Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kurban Iduladha 1445 H/2024. Sapi-sapi itu akan dikirim untuk kurban di wilayah Jawa Tengah.

Tiga sapi yang dibeli Jokowi yakni milik Sutikno, peternak sapi asal Desa Waleng, Kecamatan Girimarto. Sapi tersebut akan dijadikan hewan kurban di Semarang, Solo, dan Wonogiri.

"Iya [dibeli Presiden Jokowi], ada tiga sapi jenis simental. Beratnya di atas satu ton semua," kata Sutikno, Sabtu, (15/6/2024).

Sementara itu, seorang pegawai kandang milik Sutikno, Rita, mengatakan, tiga sapi tersebut memiliki berat di atas 1 ton. Sapi-sapi itu dirawat di kandang Sutikno sejak dua tahun lalu.

"Saat itu belum sampai 1 ton, baru sekitar 700 kilogram. Beli dari petani, dibesarkan di sini," katanya.

Menurutnya, sebelumnya Staf Kepresidenan berulangkali berkunjung ke kandang. Proses survei telah dilakukan sejak satu bulan sebelumnya.

"Awalnya survei dulu. Dicek kesehatannya, proses lab juga. Sudah akan mulai dikirimkan hari ini ke masjid yang menjadi tujuan," bebernya.

Terpisah, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri, Mursid Suroto, mengatakan, akan ada bantuan kemasyarakatan (Banmas) Presiden berupa sapi di Wonogiri.

"Sapinya datangnya malam sebelum kurban," kata Mursid.

Selain bantuan sapi, juga ada bantuan lainnya. Di antaranya bantuan rumah tidak layak huni (RTLH) dan jamban.

Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Wonogiri, Rujito, menambahkan, sapi bantuan dari Presiden itu dikirim ke Masjid Ar Raudhoh, Kelurahan Gesing, Kecamatan Kismantoro.

"Alasan dipilihnya wilayah itu karena yang kurban di wilayah itu belum banyak. Selain itu juga masih ada masalah kemiskinan," tandasnya.

33