Home Milenial Pohon Kayu Putih Raksasa Daya Tarik Desa Tua

Pohon Kayu Putih Raksasa Daya Tarik Desa Tua

Tabanan,Gatra.com - Ingin berwisata spiritual atau sekedar jalan-jalan dengan pemandangan sawah mungkin bisa mencoba dan merasakan langsung salah satu objek Wisata di Desa Adat Bayan, Desa Tua, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali tepatnya di objek wisata Kayu Putih.

Di objek tersebut memiliki daya tarik tersendiri yaitu, adanya pohon Kayu Putih yang menurut keterangan warga setempat telah berumur ratusan tahun dengan tinggi puluhan meter.

Pohon tersebut selain berumur ratusan tahun juga memiliki diameter yang besar.Dengan akar meliuk kesamping ke berbagai arah.Selain itu, akarnya juga terlihat mencengkram kokoh menembus tanah.

Pohon menjulang tinggi tersebut tepat berada di belakang Pura bernama Pura Babakan.Menurut pengelola wisata Kayu Putih yang juga sebagai Penyarikan Pura Babakan,I Made Kurna Wijaya,Kemarin,(Senin,(8/2) di Desa setempat menyampaikan,keberadaan pohon Kayu Putih dari cerita orang tua bahkan leluhur telah tumbuh tinggi dan besar seperti saat ini.

"Dari penelitian sempat dilakukan sebelumnya, pohon ini (Kayu Putih) telah berumur kurang lebih 700 tahun,dengan tinggi 75 meter dengan diameter kurang lebih 60 meter," sebutnya.

Mulai digagas menjadi objek wisata mulai dari 2013 dan pada 2014 sudah mulai ramai pengunjung.Baik pengunjung luar daerah,domestik bahkan wisatawan mancanegara juga sempat datang.

"Sebelum pandemi kunjungan bisa mencapai 150 perhari kesini (Desa Adat Bayan,Desa Baru).Sedangkan saat ini (adanya pandemi) ada 25 orang pengunjung sedangkan saat akhir pekan mencapai 50 orang lebih.Tentu kunjungan di tengah pandemi diatur agar tidak menimbulkan kerumunan," terangnya.

Biasanya para pengunjung sebagian ada mengabadikan momen dengan berselfi serta ada juga melakukan meditasi di hari-hari tertentu. "Selain bisa menikmati wisata Spiritual para pengujung juga bisa melakukan dan menikmati tracking dengan view hamparan persawahan,"ucapnya.

Semenjak dibuka sebagai objek wisata disebutkan ,telah memberi dampak positif pada perekonomian masyarakat.


 

5385