Home Info Satgas Covid-19 Dihadapan Para Wali Kota, Presiden Bicara Target Vaksinasi

Dihadapan Para Wali Kota, Presiden Bicara Target Vaksinasi

Jakarta, Gatra.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pentingnya mempersiapkan manajemen untuk percepatan vaksinasi di daerah.

Sebagaimana diketahui Pemerintah telah memulai program vaksinasi Covid-19 yang diberikan secara gratis dengan target lebih kurang 181,5 juta penduduk Indonesia.

Saat ini, sedang dilaksanakan tahap pertama vaksinasi dengan prioritas tenaga kesehatan (nakes) yang akan segera dilanjutkan kepada sektor lainnya.

“Mulai minggu depan ini sudah mulai masuk ke pelayan publik yang sering berhubungan dengan masyarakat,” kata Presiden Jokowi Kamis (11/2) kemarin saat memberikan sambutan pada Peresmian Pembukaan Musyawarah Nasional VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Tahun 2021.

Vaksinasi Covid-19 segera dilakukan pada sektor dengan interaksi dan mobilitas tinggi dengan pendekatan klaster bukan orang per orang.

“Perencanaan secara detail ini harus dimulai, dipetakan. Kalau vaksin datang dalam jumlah banyak itu siapa dulu yang didahulukan. Jangan lupa yang untuk yang rentan, utamanya yang lanjut usia itu menjadi prioritas,” ujarnya.

Presiden Jokowi juga meminta pemerintah daerah untuk mempersiapkan secara matang vaksinator untuk pelaksanaan vaksinasi ini.

“Pemerintah daerah, pemerintah kota, harus mempersiapkan betul vaksinator. Berapa jumlah vaksinator di kota kita dan juga manajemen vaksinasinya di lapangan,” tandasnya.

136