Home Internasional Lukisan Churchill Langka Milik Angelina Jolie Dilelang

Lukisan Churchill Langka Milik Angelina Jolie Dilelang

London, Gatra.com - Lukisan karya Winston Churchill, 'Menara Masjid Koutoubia', yang dihadiahkan kepada Presiden AS Franklin D. Roosevelt selama Perang Dunia kedua akhirnya menjadi bagian dari koleksi aktor Angelina Jolie. 

Namun lukisan itu kini dilelang dengan harga jual US$11,5 juta atau sekitar Rp164 miliar (kurs 14.000) setelah biaya, sebagaimana dilaporkan CNN internasional, Selasa (2/3).

Mengutip Associated Press, lukisan pemandangan Maroko yang menampilkan masjid abad ke-12 saat matahari terbenam, dijual seharga 8.285.000 pound ($ 11.590.715) di Christie's di London.

Perkiraan sebelum penjualan adalah antara 1,5 juta dan 2,5 juta pound. Harga rekor sebelumnya untuk lukisan Churchill hanya di bawah 1,8 juta pound.

Lukisan ini khususnya memiliki makna sejarah dan politik karena merupakan satu-satunya lukisan yang dapat diselesaikan Churchill selama konflik 1939-1945, ketika ia menjadi perdana menteri Inggris selama Perang Dunia II . 

Selesai setelah Konferensi Casablanca pada Januari 1943 di mana ia menyusun rencana untuk mengalahkan Nazi Jerman bersama Presiden AS Franklin D. Roosevelt, Churchill memberinya lukisan itu sebagai kenang-kenangan untuk perjalanan tersebut.

Setelah Roosevelt meninggal pada tahun 1945, putranya menjual lukisan itu, dan lukisan itu memiliki beberapa pemilik sampai Angelina Jolie dan Brad Pitt membelinya pada tahun 2011.

Konflik dalam proses perceraian selama bertahun-tahun, Jolie dan Pitt memutuskan untuk berpisah pada tahun 2016 dan spekulasi telah mengelilingi bagaimana koleksi seni mereka yang luas akan dibagi. 

Setelah dinyatakan resmi bercerai pada 2019 lalu, diputuskan keduanya akan dinyatakan lajang sementara hak asuh atas karya seni tetap dimiliki bersama.

Tidak dijelaskan siapa nama pembeli lukisan tersebut.

346

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR