Home Internasional HSA Singapura Mulai Tinjau Vaksin COVID-19 Sinovac China

HSA Singapura Mulai Tinjau Vaksin COVID-19 Sinovac China

Singapura, Gatra.com - Otoritas Ilmu Kesehatan (HSA) mengatakan pada Senin (22/3) bahwa pihaknya telah mulai meninjau data tentang vaksin COVID-19 Sinovac China.

"Kami juga telah meminta data tambahan dari perusahaan biofarmasi dan menunggu,” kata HSA, dikutip Channelnewsasia, Senin (22/3). 

Singapura menerima pengiriman pertama vaksin Sinovac pada 23 Februari. HSA kemudian mengatakan bahwa Sinovac telah mulai mengirimkan data awal, dan sedang menunggu penyerahan semua informasi yang diperlukan untuk melaksanakan penilaiannya.

Vaksin yang dikembangkan oleh Biotek Sinovac China telah disetujui untuk penggunaan umum di China, dan telah digunakan di Hong Kong, Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

“Di Singapura, vaksin Sinovac sedang dievaluasi tetapi belum diizinkan untuk digunakan,” kata HSA.

"HSA telah meminta dari perusahaan data tambahan yang diperlukan untuk menilai apakah dapat memenuhi standar yang dipersyaratkan untuk kualitas, keamanan dan kemanjuran untuk otorisasi sementara di bawah Rute Akses Khusus Pandemi, dan masih menunggu perusahaan untuk mengirimkan data tersebut," kata pihak berwenang.

HSA mengatakan pihaknya juga telah melakukan pembicaraan dengan berbagai perusahaan, termasuk AstraZeneca, mengenai rencana pengajuan penggunaan vaksin COVID-19.

"Semua vaksin dievaluasi secara ketat oleh HSA mengenai kualitas, keamanan dan kemanjurannya sebelum disetujui untuk digunakan di Singapura," kata pihak berwenang.

Puluhan negara menangguhkan penggunaan vaksin AstraZeneca  awal bulan ini, setelah laporan pembekuan darah terjadi di beberapa negara Eropa.

Banyak negara - termasuk Prancis, Jerman, dan Indonesia - sejak itu mengatakan mereka akan melanjutkan penggunaan vaksin AstraZeneca, setelah penyelidikan oleh European Medicines Agency menyimpulkan bahwa manfaatnya lebih besar daripada risikonya.

Singapura sejauh ini telah mengizinkan dua vaksin COVID-19 untuk digunakan.

Negara ini memulai program vaksinasi pada bulan Desember dengan suntikan Pfizer-BioNTech, vaksin pertama yang tiba di Singapura.

Vaksin Moderna disetujui untuk digunakan pada awal Februari, dengan pengiriman pertama tiba dua minggu kemudian.

897

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR