Home Kesehatan Percepat Tangani Covid-19, Pemkab Cilacap Bentuk Binwil

Percepat Tangani Covid-19, Pemkab Cilacap Bentuk Binwil

Cilacap, Gatra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap, Jawa tengah membentuk Pembina Wilayah (Binwil) yang terdiri dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mempercepat penanganan Covid-19 di wilayah pesisir selatan Jawa Tengah ini.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengatakan Binwil ini bertugas mengawal penanganaan Covid-19 di wilayah-wilayah yang ditentukan di 24 Kecamatan se-Kabupaten Cilacap. Pasalnya, Cilacap merupakan kabupaten dengan wilayah terluas di Jawa Tengah.

“Saya membentuk Binwil yang melibatkan OPD dan pejabat untuk 24 kecamatan se-Kabupaten Cilacap. Mereka terjun langsung untuk penanganan Covid-19 bersama Satgas di wilayah kecamatan. Jangan sampai dengan adanya Coivid-19 ini ekonomi menjadi hancur atau banyak masyarakat yang terpapar,” kata bupati, dalam keterangannya, dikutip Senin (30/8).

Dalam operasionalnya, Binwil bertanggung jawab untuk berkoordinasi dengan Satgas di wilayah tertentu dalam penanganan Covid-19. Tiap binwil bertanggung jawab atas satu atau dua kecamatan.

Dia juga menjelaskan, percepatan penanganan Covid-19 harus memperhatikan sektor lainnya agar tidak mengganggu perekonomian masyarakat sehingga akan memperburuk keadaan. Untuk itu perlu menyadarkan masyarakat akan arti pentingnya penerapan protokol kesehatan.

“Bagaimana di Cilacap itu Covid-19 bisa tertangani namun ekonomi juga jangan terganggu. Pertokoan, pasar bisa berjalan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Saya sadarkan dulu masyarakatnya,” ucap dia.

Dalam kesempatan berbeda, Juru Bicara Satgas Covid-19 Cilacap, M Wijaya mengatakan tiap kepala OPD adalah binwil untuk wilayah tertentu. Dia sendiri bertugas mendampingi untuk Kecamatan Sampang, Cilacap wilayah timur.

“Berkoordinasi dengan Satgas tingkat kecamatan hingga desa untuk mempercepat penanganan Covid-19 dengan tepat,” ucap dia.

Wijaya mengungkapan, model binwil juga sudah dilakukan dalam penangan stunting atau bocah kunthet (kerdil). Tiap kepala OPD bertanggung jawab untuk melakukan percepatan dalam mengatasi kasus stunting di Cilacap.

Tren kasus Covid-19 di Cilacap terus turun. Pada Senin (30/8), kasus aktif Covid-19 430 atau berkurang 50 kasus dibanding hari sebelumnya. Sementara, jumlah total kasus Covid-19 mencapai 28.091 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 25.603 orang sembuh dan 2.058 lainnya meninggal dunia.


 

1498