Home Teknologi Wow! Jejak Kehidupan Berusia 2,5 Miliar Tahun Terkunci dalam Batu Merah Delima

Wow! Jejak Kehidupan Berusia 2,5 Miliar Tahun Terkunci dalam Batu Merah Delima

Waterloo, Gatra.com- Jejak kehidupan berusia 2,5 miliar tahun terkunci di dalam batu merah delima purba (rubi).  Batu rubi itu berasal dari Greenland, menurut sebuah studi baru. Live Science, 24/10.

Batu rubi tertua di planet ini, batu permata merah berkilau yang terbuat dari mineral merah transparan yang disebut korundum, ditemukan di Greenland. Saat mencari batu rubi di Atlantik Utara di Greenland, sekelompok peneliti menemukan kejutan tersembunyi di salah satunya: grafit, bentuk karbon murni, yang mungkin merupakan sisa-sisa kehidupan mikroba purba.

"Grafit di dalam batu delima ini benar-benar unik," kata Chris Yakymchuk, seorang profesor Ilmu Bumi dan Lingkungan di Universitas Waterloo di Ontario, Kanada, dalam sebuah pernyataan. "Ini pertama kalinya kami melihat bukti kehidupan purba di bebatuan yang mengandung rubi."

Tim menyimpulkan grafit berasal dari bentuk kehidupan kuno, setelah mereka menganalisis rasio berbagai versi, atau isotop, karbon dalam grafit, menurut pernyataan itu. Lebih dari 98% karbon di planet ini memiliki massa 12 satuan massa atom, tetapi beberapa atom karbon lebih berat, dengan massa 13 atau 14 satuan massa atom.

"Materi hidup terdiri dari atom karbon yang lebih ringan karena mereka membutuhkan lebih sedikit energi untuk dimasukkan ke dalam sel," kata Yakymchuk. "Berdasarkan peningkatan jumlah karbon-12 dalam grafit ini, kami menyimpulkan bahwa atom karbon pernah hidup di zaman purba, kemungkinan besar mikroorganisme mati seperti cyanobacteria."

Pada saat bakteri purba ini kemungkinan besar hidup, planet ini tidak memiliki banyak oksigen — elemen yang sangat diperlukan untuk kehidupan yang kompleks — sehingga satu-satunya kehidupan yang dapat bertahan adalah mikroba kecil dan lapisan alga. Cyanobacteria dianggap sebagai kehidupan pertama di Bumi, dan melalui miliaran tahun mengubah sinar matahari menjadi energi kimia, mereka secara bertahap menghasilkan oksigen yang diperlukan untuk kehidupan kompleks untuk akhirnya berkembang, Live Science sebelumnya melaporkan .

Meskipun kuno, batu delima yang mengandung grafit ini bukanlah bukti kehidupan tertua yang ditemukan sejauh ini. Faktanya, ada banyak penelitian, banyak di antaranya diperdebatkan dengan hangat, yang mengklaim telah menemukan bukti tertua kehidupan yang berusia lebih dari 3 miliar tahun, Live Science sebelumnya melaporkan.

Namun, ini adalah pertama kalinya kehidupan kuno ditemukan di dalam batu rubi. "Kehadiran grafit juga memberi kita lebih banyak petunjuk untuk menentukan bagaimana batu rubi terbentuk di lokasi ini, sesuatu yang tidak mungkin dilakukan secara langsung berdasarkan warna dan komposisi kimia batu rubi," kata Yakymchuk.

Ternyata kehidupan mungkin merupakan bahan rahasia untuk pembentukan batu rubi. Penelitian tersebut menemukan bahwa grafit mengubah komposisi kimia batuan, menciptakan kondisi yang tepat bagi batu rubi untuk tumbuh. Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Ore Geology Review edisi November .

4536