Home Ekonomi Ganjar: Melalui BUMP Petani Peroleh Keuntungan Ganda

Ganjar: Melalui BUMP Petani Peroleh Keuntungan Ganda

Cilacap, Gatra.com– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang didampingi oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji meresmikan Badan Usaha Milik Petani (BUMP) PT. Wijayakusuma Pangan Mandiri di Gudang SRG Sidareja, Cilacap.

BUMP adalah badan usaha yang dibentuk, dimiliki, dan dikelola oleh petani. Dengan tujuan, untuk memperbaiki mutu budi daya dan pengelolaan usaha tani demi terwujudnya peningkatan produktivitas, nilai-tambah produk, perbaikan pendapatan usaha tani, perbaikan daya tawar dan kemampuan membangun kemitraan strategis yang maju, inovatif, dan berkelanjutan. BUMP merupakan hybrid dari kelembagaan bisnis dan pemberdayaan masyarakat khususnya petani.

Ganjar yakin BUMP akan meningkatkan produktivitas, pendapatan, hingga keuntungan petani di Cilacap. Keuntungan yang diperoleh oleh petani dan pengelola BUMP tersebut bukan satu-satunya. Seiring berjalannya waktu, petani juga akan mendapat keuntungan ganda.

“Kalau di BUMP kan badan usahanya milik petani, dia menjadi off taker produk pertanian, mereka menjualkan, di akhir tahun mereka rapat pemegang saham ada devidennya dibagi kepada mereka lagi. Nah, para petani mendapat dua keuntungan yaitu pertama dari menjual produknya dan kedua yaitu akhir tahun dari rapat pemegang saham,” katanya, dalam keterangannya, dikutip Kamis (18/11).

Ganjar mengatakan pemerintah bertugas untuk terus memfasilitasi dan mendampingi para petani, dengan para pakar serta aktivis yang peduli untuk mengembangkan BUMP.

“Kita mulai tambah pengalaman-pengalaman yang bagus, akan kita tularkan. Sehingga kelak kemudian, tidak usah kita paksa tapi ada semacam demplot-demplot yang petani lain nanti bisa ngikuti dan belajar. Harapan saya, setiap kabupaten punya,” ucap Ganjar.

Gubernur Ganjar Pranowo yang didampingi oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dan Forkopimda Kabupaten Cilacap menyempatkan untuk melihat beras hasil pertanian BUMP PT. Wijaya Kusuma Pangan Mandiri yang telah dikemas dan siap dijual kepada masyarakat.

Acara launching disaksikan oleh 5 BUMP di Kabupaten/Kota lain yang telah terbentuk yaitu Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Magelang secara virtual.

1186