Home Olahraga PSSI Berencana Tempatkan 2 Asisten Wasit Tambahan

PSSI Berencana Tempatkan 2 Asisten Wasit Tambahan

Jakarta, Gatra.com - PSSI menggulirkan wacana menggunakan dua asisten wasit tambahan yakni, wasit kelima dan keenam pada Seri IV BRI Liga 1 2021/2022 dan semifinal Liga 2 2021. Langkah ini diambil PSSI menyusul banyaknya kritikan terkait kinerja wasit nasional.

Diketahui, pada umumnya dalam setiap pertandingan sepak bola terdapat perangkat pertandingan yang terdiri dari wasit tengah (1 orang), asisten wasit (2 orang) dan wasit cadangan (1 orang). Adapun kedua asisten wasit tambahan yang tengah diwacanakan ini dimaksudkan untuk mengawasi area di sekitar garis gawang.

Rencananya penugasan kedua asisten tambahan tersebut akan dilakukan sambil menunggu diterapkannya penggunaan VAR (Video Assistant Referee) di kompetisi sepak bola Indonesia. Hanya saja, sebelum menerapkan langakah ini, PSSI lebih dulu akan bersurat dan menunggu approval dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).

Sejatinya penerapan dua wasit tambahan tersebut tidak melanggar peraturan permainan sepak bola. Di beberapa liga di Eropa juga pernah menerapkan hal serupa sebelum kemudian menerapkan pengunaan VAR.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menuturkan bahwa para asisten wasit tersebut akan lebih dulu dikursuskan sebelum bertugas. Tujuannya agar mereka siap bertugas di Seri IV di Pulau Bali yang akan dimulai 5 Januari 2022 dan semifinal Liga 2.

‘’Jadi dengan asisten wasit tambahan ini dan mengontrak direktur teknik wasit, kesalahan-kesalahan wasit yang selama ini kita lihat, bisa diminimalisasi dan dievaluasi. PSSI ingin ke depan ada perubahan yang signifikan terhadap sepakbola Indonesia,’’ jelas Iriawan dalam keterangannya, Rabu (24/11).

Di samping melakukan penambahan asisten wasit, PSSI akan mendatangkan direktur teknik wasit dari luar negeri yang direkomendasikan oleh AFC dengan tugas mengevaluasi dan merekomendasikan wasit dalam pertandingan Liga 1.

"Namun, sebelum mendatangkan direktur teknik wasit, PSSI juga akan berkirim surat dan menunggu persetujuan dari AFC," katanya.

317