Home Regional Gus Yusuf: Gus Dur Tak Pernah Baper

Gus Yusuf: Gus Dur Tak Pernah Baper

Semarang, Gatra.com - DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah menggelar Haul ke-12 KH Abdurrahman Wahid atau akrab dikenal Gus Dur. Acara digelar di kantor DPW PKB Jateng di Semarang, Kamis (30/12) malam.

Dalam acara refleksi, Ketua DPW PKB Jateng KH M Yusuf Chudlori mengatakan, sosok Gus Dur selalu menyampaikan, bahwa di atas politik ada kemanusiaan. "Bagaimana politik kemanusiaan selalu dikedepankan beliau. Beliau tidak nggondeli (mempertahankan) jabatan," ujarnya.

Namun bagaimana beliau memperjuangkan kemanusiaan dan kebangsaan, jelas Gus Yusuf, perlu alat, yakni kekuasaan. "Ini harus jadi semangat. Meski jabatan tidak digondeli tapi tetap diperjuangkan, demi alat untuk mencapai kemanusiaan tadi," terangnya.

Baca Juga:

PKB Jateng Gelar Haul Gus Dur dan Tasyakuran Muktamar NU

Hanya saja, jelas Gus Yusuf, Gus Dur memiliki landasan tauhid yang kuat, yakni tawakkal. Dengan tawakkal, tak ada yang ditakuti oleh Gus Dur. "Ketika punya prinsip, selalu kokoh. Gus Dur juga tak pernah baperan, tersinggung, marah. Ini juga yang harus kita jaga bersama-sama," katanya.

Apalagi, lanjut Gus Yusuf, saat ini di era medsos, banyak isu, hoaks, berita berseliwaran. Namun dia menegaskan, kader PKB tak perlu khawatir, karena sudah punya pondasi yang kuat. "Apapun harus kita hadapi demi harapan besar untuk kesejahteraan masyarakat, dan kemajuan bangsa dan negara," tegasnya.

Hadir dalam acara, Sekretaris H Sukirman, Ketua Fraksi PKB Syarif Abdillah beserta anggota Fraksi, para Ketua DPC, dan sejumlah pengurus PKB. Hadir pula Rois Syuriah PWNU Jateng KH Ubaidillah Shodaqoh, Wakil Ketua Dewan Syuro PKB Jateng KH Badawi Basyir, dan KH Zaenal Arifin Ma’shum.

Rois Syuriah PWNU Jateng KH Ubaidillah Shodaqoh menyatakan, sosok Gus Dur sudah tidak terikat dengan pujian atau cacian. “Yang penting mencapai tujuan. Tujuannya adalah demi kemanusiaan," sebutnya.

417