Home Regional Pemkab Solok Lakukan Evaluasi Pengendalian Pembangunan

Pemkab Solok Lakukan Evaluasi Pengendalian Pembangunan

Solok,Gatra.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok menggelar Rapat Evaluasi Pengendalian Pembangunan Tahun Anggaran 2022 yang bertempat di Gedung Solok Nan Indah pada 8 Maret 2022. Acara turut dihadiri Bupati Solok Epyardi Asda, Sekda Kabupaten Solok Medison, Asisten II Syahrial, Asisten III Editiawarman, Staf Ahli, Kepala SKPD, Camat Se-kabupaten Solok, dan ASN di lingkup Pemkab Solok.
 
Bupati Solok Epyardi Asda dalam arahanny menyampaikan apresiasi karena Pemkab Solok sudah masuk ke dalam tahapan pembangunan APBD pada Tahun 2022 ini. "Harapan saya pada tahun 2022 ini, kita perlu melakukan pemaparan data sejak awal, saya ingin setiap dinas melampirkan setiap anggarannya papan laporan kantor masing-masing," kata Epyardi Asda. 
 
Asisten II Bupati Solok Editiawarman menyampaikan, rapat evaluasi fisik dan keuangan perlu diintensifkan setiap bulannya, terutama menyangkut persoalan Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK). Serta, menyampaikan laporan fisik dan keuangan tepat waktu. 
 
"Adapun kegiatan pekerjaan fisik sebanyak 637 paket dengan total anggaran 152 miliar 533 juta. DAU Sebanyak 467 paket dan DAK 170 paket," ujar Editiawarman. 
 
Ia melanjutkan akan ada rencana tindak lanjut percepatan di mana Kepala SKPD melaksanakan pengendalian internal rapat evaluasi internal secara rutin dan menyiapkan RAB (Rencana Anggaran Biaya), SPEN dan dokumen lainnya. Editiawarman menyebut, selambatnya pekan kedua Maret sudah diumumkan di SPSE (Sistem Pengadaan Secara Elektronik). 
 
"Paling lambat akhir juni semua kegiatan APBD awal sudah harus terkontrak," katanya. 
 
Editiawarman berharap, kucuran anggaran senilai Rp173 miliar dapat direalisasikan dengan baik. "Saya harapkan kepada setiap OPD untuk berhati-hati dalam menjalankan tugas dan selalu berpegang kepada setiap aturan yang ada, serta semua kegiatan dapat terlaksana semaksimal mungkin dan bisa bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Solok," tutupnya. 
81