Home Regional Tjahjo Kumolo Sidak ke MPP Karanganyar

Tjahjo Kumolo Sidak ke MPP Karanganyar

Karanganyar, Gatra.com - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo mendorong perbaikan layanan publik di semua bidang. Percepatan serta kepastian layanan tersebut menandakan negara hadir bagi warganya.

Hal itu disampaikannya saat sidak di mal pelayanan publik (MPP) Kabupaten Karanganyar Jateng, Selasa (24/5).

"Seluruh kepala daerah di provinsi hingga kabupaten kota, kades, polres harus meningkatkan kualitas pelayanan dan mampu mengintegrasikannya," kata Tjahjo Kumolo.

Kedatangannya ke gedung MPP hanya singkat. Setelah menginspeksi gerai-gerai layanan publik, ia bersama Bupati Karanganyar Juliyatmono siaran podcast di salah satu ruangan. Secara pribadi, Tjahjo ingin menepati janji melihat lebih dekat bangunan tersebut.

Sebelumnya, ia berjanji akan datang meresmikan MPP pada 16 Maret 2022 lalu. Namun saat itu ia tiba-tiba harus menghadiri acara yang lebih penting di kota lain. Sehingga peresmian itu kemudian dilakukan Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB, Diah Natalisa.

Dalam siaran podcastnya, Tjahjo mengatakan kualitas layanan publik ditakar dari penghematan biaya dalam mengaksesnya. Kemudian percepatan waktu penyelesaian keluhan serta kepastian yang akan didapat masyarakat. Ia meminta MPP harus memiliki kualifikasi tersebut.

"Begitu masuk mal pelayanan publik, urusan beres. Enggak banyak keluar biaya," katanya.

Hal itu sejalan dengan visi misi reformasi birokrasi. Percepatan perizinan dari semula terhalang panjang dan berbelit birokrasi, merupakan poin penting.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan kunjungan Menpan RB Tjahjo Kumolo menyemangati para personel MPP dalam menjalankan tugasnya. "Semoga masyarakat makin mempercayai pemerintah dalam memberikan layanan prima," katanya.

MPP Karanganyar adalah yang ke-53 diresmikan Kementrian RB. Adapun Jawa Tengah adalah provinsi ke-10 yang mendirikan MPP. Di MPP Karanganyar terdapat 23 instansi yang membuka gerainya dengan total mengurus 197 item layanan.

Kehadiran MPP ini memudahkan masyarakat Karanganyar saat mengurus pelayanan dalam satu tempat yang terintegrasi. Kebutuhan berbagai layanan perizinan, non-perizinan, dan administrasi dilayani dengan cepat pada MPP yang mengusung slogan Smart Public Service Center "Beyond Expectation" ini.

1730