Home Politik Ketua DPD II Golkar Karanganyar Tinggalkan Kursi Caleg Terpilih, Digantikan Ibunda

Ketua DPD II Golkar Karanganyar Tinggalkan Kursi Caleg Terpilih, Digantikan Ibunda

Karanganyar, Gatra.com- Ketua DPD II Golkar Karanganyar, Ilyas Akbar Almadani meninggalkan kursi calon terpilih anggota DPRD Karanganyar periode 2024-2029. Kursi dewan yang ditinggalkannya akan diganti ibundanya, Siti Komsiyah.

Hal itu diungkap Ketua KPU Karanganyar, Jateng Daryono usai klarifikasi pengunduran diri Ilyas di kantor DPD II Golkar Karanganyar, Rabu (10/7). Daryono mengatakan ia mengklarifikasi undur diri Ilyas berdasar pada surat dari partai Golkar tertuju KPU Karanganyar pada 3 Juli lalu. Klarifikasi merupakan tindak lanjut PKPU Nomor 6 Tahun 2024.

"Setelah undur diri dibenarkan oleh Ketua DPD II Golkar yang kebetulan Mas Ilyas sendiri, lalu akan ditindaklanjuti KPU dengan rapat pleno komisioner," kata Daryono.

Ilyas didampingi istrinya, diklarifikasi KPU dengan disaksikan jajaran Bawaslu dan pengurus DPD II Golkar Karanganyar.

Daryono mengatakan, kursi anggota DPRD yang ditinggalkan Ilyas akan diisi peraih suara terbanyak caleg Partai Golkar Karanganyar dari dapil V. Di bawah Ilyas yang meraup 9.321 suara pada pemilu 2024, ada nama ibunya yakni Siti Komsiyah meraup 4.964 suara.

"Di dapil ini yang menang pemilu 2024 ada dua. Yakni AW Mulyadi dan Ilyas Akbar Almadani. Jika Ilyas Mundur, KPU yang berwenang menggantinya. Yaitu suara terbanyak di bawahnya yakni Siti Komsiyah," katanya.

Pleno komisioner KPU sekaligus mengubah SK penetapan calon terpilih anggota DPRD Karanganyar periode 2024-2029. Hasilnya akan dikirim ke Kemendagri untuk persiapan pelantikan.

Ditanya alasan undur diri, Ilyas mengatakan itu syarat mendaftar calon bupati ke KPU. Ia diberi mandat DPP untuk nyalon bupati Karanganyar. Saat ini, ia sedang menanti surat rekomendasi dari DPP dan hasil akhir survei internal.

"Sudah empat kali survei, hasilnya baik. Kurang satu kali survei lagi. Lembaga survei yang melakukannya dengan melibatkan akademisi dari 10 perguruan tinggi ternama," katanya.

Ia optimis mendapatkan rekomendasi DPP maju Pilbup Karanganyar sebagai calon bupati. Tri Haryadi, Ketua DPC Demokrat Karanganyar yang akan mendampinginya sebagai Cawabup.

"Insya Allah pasti dengan Pak Tri Haryadi. KILAT, Karanganyar Ilyas-Tri Haryadi," katanya.

Golkar Karanganyar sudah mengunci pasangan ini untuk maju di kontestasi politik lima tahunan itu. Hampir pasti tidak ada lagi penyandingan dengan calon-calon lain, mengingat Golkar Karanganyar tidak membuka penjaringan calon kepala daerah pada Pilbup Karanganyar 2024.

153