Home Internasional Ukraina Membalas, Gempur Kota Perbatasan, Tiga Tewas, Ratusan Rumah Rusak

Ukraina Membalas, Gempur Kota Perbatasan, Tiga Tewas, Ratusan Rumah Rusak

Kyiv, Gatra.com- Sedikitnya tiga orang tewas dan ratusan rumah rusak akibat serangan udara Ukraina di kota perbatasan Rusia, Belgorod, dini hari tadi. Gubernur Belgorod Vyacheslav Gladkov mengklaim beberapa ledakan menghantam kota berpenduduk hampir 400.000 jiwa itu, yang terletak 25 mil (40 km) di utara perbatasan dengan Ukraina. Daily Mail, 03/07.

Setidaknya 11 gedung apartemen dan 39 rumah rusak, termasuk lima hancur total, kata Gladkov melalui aplikasi pesan Telegram. Rekaman yang diambil oleh saksi mata pada dini hari tadi menunjukkan asap mengepul dari kota. "Suaranya sangat kuat sehingga saya melompat, saya bangun, menjadi sangat takut dan mulai berteriak," kata seorang penduduk kota kepada Reuters.

Mereka menambahkan bahwa ledakan itu terjadi sekitar pukul 3 pagi (tengah malam GMT). "Rudal itu menghantam bangunan tempat tinggal sekitar 20 meter dari rumah saya," kata warga tersebut. "Semua jendela di rumah kami pecah, pintunya tidak sejajar."

Anggota parlemen senior Rusia Andrei Klishas menuduh Ukraina menembaki Belgorod dan menyerukan tanggapan tegas. "Kematian warga sipil dan penghancuran infrastruktur sipil di Belgorod adalah tindakan langsung agresi dari pihak Ukraina dan membutuhkan tanggapan yang paling parah - termasuk militer," tulis Klishas di Telegram.

Moskow menuduh Kyiv melakukan sejumlah serangan di Belgorod dan wilayah lain yang berbatasan dengan Ukraina sejak invasi Rusia pada 24 Februari. Ukraina belum mengaku bertanggung jawab tetapi menggambarkan insiden itu sebagai balasan dan 'karma' atas tindakan Rusia.

Tidak ada komentar langsung dari Ukraina dan Reuters tidak dapat memverifikasi akun Rusia secara independen.

Kota Rusia yang dihuni oleh 400.000 orang menunjukkan bekas luka pertempuran yang signifikan sebelumnya hari ini

Sementara itu di kota Melitopol, Ukraina selatan yang diduduki Rusia, pasukan Ukraina menyerang sebuah pangkalan militer dengan lebih dari 30 serangan pada hari Minggu, kata walikota di pengasingan kota itu dalam sebuah pidato video di Telegram. Pangkalan itu telah 'dihentikan,' kata Ivan Fedorov.

Seorang pejabat yang ditempatkan di Moskow mengatakan beberapa rumah pribadi di dekat lapangan terbang rusak. 'Tidak ada korban,' Evgeny Balitsky, kepala dewan yang didirikan Rusia di wilayah Zaporizhzhia selatan, menulis di Telegram.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan angkatan udaranya telah menerbangkan sekitar 15 serangan mendadak 'ke hampir semua arah permusuhan.'

1139