Home Regional Kota Salatiga Masuk Nominasi Usulan UCCN 2023

Kota Salatiga Masuk Nominasi Usulan UCCN 2023

Salatiga, Gatra.com - Kota Salatiga menjadi salah satu nominasi usulan jejaring Kota Kreatif UNESCO 2023.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam zoom meeting Focus Group Discussion (FGD) Pendampingan Usulan Nominasi Jejaring Kota Kreatif dari Hotel Pullman Jakarta, Selasa (14/2).

“Tahun ini ada lima kabupaten dan kota yang akan mempersiapkan diri menuju UNESCO Creative City Network (UCCN), yaitu Bantul, Bitung, Ponorogo, Salatiga, dan Surakarta, ” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca Juga: Pemkot Salatiga Terus Gelorakan Penguatan Literasi bagi Anak Sekolah

Dalam hal ini, Kemenparekraf akan memberikan pendampingan kepada lima kabupaten/kota tersebut untuk mempersiapkan naskah pengusulan ke UNESCO. Kabupaten/Kota yang masuk ini sudah memiliki kriteria tertentu sehingga bisa masuk ke dalam nominasi.

“Bulan Mei mendatang, mereka akan diseleksi oleh Panitia Seleksi Nasional Pengusulan Nominasi Anggota Jejaring Kota Kreatif UNESCO Tahun 2023,” sebutnya.

Dalam kesempatan ini juga disampaikan paparan Wali Kota yang disampaikan di hadapan Pansel Nasional yang terdiri dari 9 tokoh dari berbagai pakar profesional dengan mengusung tema Salatiga Kota Kreatif Gastronomi berbasis kearifan lokal go green menuju martabat kedaulatan pangan.

Program jejaring Kota Kreatif UNESCO merupakan program yang diluncurkan di bawah mandat UNESCO pada tahun 2004 untuk membangun budaya perdamaian dan pembangunan berkelanjutan.

Kelima kabupaten/kota yang masuk dalam nominasi ini adalah Kota Salatiga (bidang gastronomi), Kabupaten Bantul (bidang kerajinan dan seni rakyat), Kota Bitung (bidang gastronomi), Kabupaten Ponorogo (bidang kerajinan dan seni rakyat), dan Kota Surakarta (bidang kerajinan dan seni rakyat).

218