Home Teknologi Ratusan Keping Perak Harta Karun Viking, Koin Bertanda Salib Penyatu Umat

Ratusan Keping Perak Harta Karun Viking, Koin Bertanda Salib Penyatu Umat

Kopenhagen, Gatra.com- Seorang pendeteksi logam menemukan dua timbunan perak Viking di sebuah ladang di Denmark, termasuk koin yang dibuat pada masa pemerintahan raja Denmark Harald Bluetooth yang berkuasa. Demikian Live Science, 01/05.

Arkeolog mengatakan Harald Bluetooth membayar orang-orangnya dan aristokrasi Denmark dengan "koin salib" dan dengan demikian menyebarkan pengetahuan tentang agama Kristen baru ke seluruh wilayah.

Koin perak dan perhiasan yang digali dari lapangan di semenanjung Jutlandia di Denmark mengungkapkan wawasan baru tentang pemerintahan dan ambisi religius raja Viking Harald Bluetooth yang kuat, menurut para arkeolog.

Benda-benda itu – sekitar 300 keping perak, termasuk sekitar 50 koin dan potongan perhiasan – ditemukan akhir tahun lalu oleh kelompok arkeologi lokal yang mensurvei pertanian di timur laut kota Hobro dan dekat Fyrkat, sebuah benteng cincin yang dibangun Harald Bluetooth di sekitar tahun 980 M.

Penggalian menunjukkan bahwa barang-barang berharga itu awalnya terkubur dalam dua timbunan dengan jarak sekitar 100 kaki (30 meter), mungkin di bawah dua bangunan yang sudah lama hilang. Sejak itu, timbunan ini telah disebarkan oleh mesin pertanian.

Tampaknya siapa pun yang mengubur harta karun itu sengaja memisahkannya. Sehingga jika ada satu timbunan yang hilang, yang lain aman. Demikian kata Torben Trier Christiansen, seorang arkeolog yang terlibat dalam penemuan dan kurator di Museum Jutlandia Utara.

Meskipun beberapa outlet berita melaporkan bahwa penemunya adalah seorang gadis muda, harta karun pertama ternyata ditemukan oleh seorang wanita dewasa dengan detektor logam. "Dia sangat tersanjung," kata Trier kepada Live Science.

Banyak dari potongan-potongan itu adalah "hack silver" atau "hacksilber", yang sering kali merupakan perhiasan perak yang dipotong-potong dan diperdagangkan menurut beratnya. Tetapi beberapa adalah koin perak, yang ditentukan para arkeolog berasal dari negara-negara Arab dan Jerman, serta dari Denmark sendiri.

Koin Denmark menarik bagi para arkeolog karena termasuk "koin salib" selama pemerintahan Harald Bluetooth di tahun 970-an dan 980-an. Harald telah beralih dari kepercayaan pagan Norse menjadi Kristen, dan menyebarkan agama barunya adalah bagian dari rencananya untuk menyatukan suku Viking yang berperang di Denmark.

"Memberi tanda salib pada koinnya adalah bagian dari strateginya," kata Trier. "Dia membayar aristokrasi lokal dengan koin-koin ini, untuk menjadi preseden selama masa transisi ketika orang-orang menghargai dewa-dewa lama juga."

Kedua timbunan itu juga berisi bagian dari bros perak yang sangat besar yang pernah dikenakan oleh seorang raja atau bangsawan dan mungkin disita dalam penyerbuan Viking. Tapi gaya bros ini tidak dipakai di tanah Harald Bluetooth, jadi bros itu dipotong menjadi beberapa potong perak, katanya.

Arkeolog akan kembali ke situs tersebut akhir tahun ini, tambah Trier, dengan harapan dapat mempelajari lebih lanjut tentang bangunan Zaman Viking (793 hingga 1066 M) yang berdiri di sana.

Sebuah salib yang menonjol di satu sisi dari beberapa koin Denmark yang ditemukan menunjukkan bahwa koin tersebut dicetak pada akhir masa pemerintahan raja Denmark Harald Bluetooth yang berkuasa, sekitar tahun 980 M. Di sini kita melihat sisi salib dari koin perak dari dekat. Di ujung setiap salib ada 3 lingkaran kecil.

Perak itu ditemukan akhir tahun lalu di sebuah peternakan dekat kota Hobro di utara Jutland oleh seorang pendeteksi logam dengan kelompok arkeologi lokal. Di sini kita melihat seorang penggali kuning besar mengeruk tanah di ladang. Ada juga orang lain yang memindai tanah yang baru saja terbalik oleh bajak pertanian.

Harald Bluetooth

Arkeolog tidak yakin mengapa Harald mendapat julukan "Bluetooth"; beberapa sejarawan menyarankan dia mungkin memiliki gigi buruk yang menonjol, karena kata Norse untuk "gigi biru" diterjemahkan menjadi "gigi biru-hitam?Bluetooth".

Namanya hidup hari ini dalam standar jaringan nirkabel Bluetooth, yang bertujuan untuk menyatukan komunikasi antara perangkat yang berbeda. Harald mempersatukan Denmark dan, untuk sementara waktu, juga menjadi raja sebagian Norwegia; dia memerintah sampai tahun 985 atau 986, ketika dia meninggal saat melawan pemberontakan yang dipimpin oleh putranya, Sweyn Forkbeard, yang menggantikannya sebagai raja Denmark.

Jens Christian Moesgaard, seorang ahli numismatis di Universitas Stockholm yang tidak terlibat dalam penemuan tersebut, mengatakan bahwa koin Denmark tersebut tampaknya berasal dari akhir masa pemerintahan Harald Bluetooth.

"Penimbunan ganda (terpisah) baru ini membawa bukti baru yang penting yang memperkuat interpretasi kami tentang mata uang dan kekuasaan Harald," katanya. Koin-koin itu mungkin dibagikan di benteng raja yang baru dibangun di Fyrkat. "Sangat mungkin Harald menggunakan koin ini sebagai hadiah untuk anak buahnya untuk memastikan kesetiaan mereka," katanya.

Salib pada koin menunjukkan kekristenan adalah bagian penting dari rencana raja. "Melalui ikonografi Kristen, Harald menyebarkan pesan agama baru pada kesempatan yang sama," kata Moesgaard.

249