Home Politik Pengamat Nilai Pendukung Ganjar Paling Solid Dibanding Anies-Prabowo

Pengamat Nilai Pendukung Ganjar Paling Solid Dibanding Anies-Prabowo

Jakarta, Gatra.com - Pengamat politik Saiful Mujani mengatakan, Bakal Calon Presiden (Bacapres) usungan PDI Perjuangan Ganjar Pranowo memiliki lebih banyak calon pemilih loyal dibandingkan Gubernur Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Saiful menguraikan, 73 persen pemilih Ganjar adalah pemilih loyal. Sementara itu, 61 persen pemilih Anies mengaku kecil kemungkinan mereka akan mengubah pilihan, dan 59 persen pemilih Prabowo mengaku telah berteguh untuk menjatuhkan pilihan mereka pada Menteri Pertahanan (Menhan) RI itu.

"Artinya apa? Artinya pemilih yang mantap [atas pilihannya] itu lebih besar secara signifikan pada pemilih Ganjar Pranowo, dibanding pada pemilih Anies atau dibanding pada pemilih Pak Prabowo," ujar Saiful Mujani dalam video bertajuk 'Swing Voters Anies, Ganjar, dan Prabowo' di kanal YouTube SMRC TV, Kamis (13/7).

Terlebih, Ganjar tercatat hanya memiliki 26 pemilih yang berpotensi menjadi swing voter karena mengaku besar kemungkinan akan mengubah pilihan capres mereka. Di samping itu, 34 persen pemilih Anies dan 39 persen pemilih Prabowo mengaku belum mantap pada pilihan mereka dan besar kemungkinan akan berpaling.

"Jadi, kalau dilihat dari perbandingan ini, yang lebih dinamis itu adalah pada pemilih Pak Prabowo," sebutnya.

Saiful menilai, potensi dinamika pada pemilih Ketua Umum Gerindra itu wajar terjadi. Sebab, kata Saiful, posisi Gerindra sebagai partai nomor tiga di parlemen, membuat pendukung Prabowo banyak datang dari berbagai partai politik lain, yang tengah menimbang-nimbang perkembangan elektoral ke depan untuk memastikan arah dukungan mereka.

"Kurang lebih sama [dengan posisi Anies Baswedan]. Apalagi Anies kan belum menjadi kader partai tertentu, dan sejauh ini belum menunjukkan dia sudah punya preferensi terhadap partai apa," kata Saiful Mujani.

"Padahal partai kan dalam beberapa hal [adalah] jangkar untuk mengikat pilihan terhadap capres dengan pilihan terhadap partai politik. Jadi, partai bisa menjembatani antara si pemilih dengan calon presiden," imbuhnya.

Sementara itu, dalam hemat Saiful, pemilih loyal Ganjar kemungkinan besar didukung oleh posisi Gubernur Jawa Tengah itu sebagai sosok yang telah lama terasosiasi dengan PDI Perjuangan, sehingga banyak pemilih partai berlogo banteng moncong putih itu yang telah memantapkan pilihan mereka terhadap Ganjar.

Terlebih, menurutnya, PDI Perjuangan saat ini merupakan partai nomor satu di parlemen dengan selisih jumlah kursi yang sangat signifikan dibanding partai politik parlemen lainnya. Dengan demikian, dukungan terhadap Ganjar pun menjadi kian solid.

52